Nasib Timnas Malaysia di Ujung Tanduk, Gagal Hadapi Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022? -->

Iklan Atas

Nasib Timnas Malaysia di Ujung Tanduk, Gagal Hadapi Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022?

Rabu, 28 Desember 2022

Nasib Timnas Malaysia di Piala AFF 2022 berada di ujung tanduk.



PERJALANAN Timnas Malaysia di tiga laga awal Piala AFF 2022 hampir sama dengan kiprah mereka di Piala AFF 2020. Apakah ini pertanda Malaysia bakal rontok di fase grup dan gagal bersua Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022?


Skuad Harimau Malaya –julukan Timnas Malaysia– asuhan Kim Pan-gon sejatinya memulai dua laga Grup B Piala AFF 2022 dengan hasil manis. Setelah menang 1-0 atas Myanmar di kandang lawan. Safawi Rasid dan kawan-kawan menggilas Laos 5-0.


Koleksi enam poin dari dua pertandingan membuat Malaysia di atas angin untuk melaju ke empat besar Piala AFF 2022. Namun, semuanya berubah setelah Malaysia kalah 0-3 dari Vietnam di laga ketiga yang berlangsung semalam,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Kekalahan itu membuat nasib Malaysia di ujung tanduk. Jika kalah dari Singapura di laga pamungkas Grup B Piala AFF 2022 yang berlangsung pada Selasa, 3 Januari 2022, skuad Harimau Malaya dipastikan tersingkir di fase grup.


Kondisi ini sama persis dengan yang dialami Malaysia di Piala AFF 2020. Saat itu Malaysia mengawali dua laga dengan kemenangan, yakni menang 3-1 atas Kamboja dan menghajar Laos 4-0.


Hasilnya, Malaysia justru dihajar Timnas Indonesia dengan skor 1-4! Alhasil, Timnas Indonesia dan Vietnam lolos ke semifinal Piala AFF 2020 mewakili Grup B, sedangkan Malaysia terkunci di urutan ketiga.


Karena itu, Malaysia bak merasakan Deja vu. Saat ini, bisa dibilang Singapura rival utama Malaysia dalam memperebutkan tiket semifinal Piala AFF 2022. Baru melakoni dua pertandingan di Grup B Piala AFF 2022, The Lions –julukan Singapura– sudah mengoleksi enam angka.


Singapura semakin dekat ke semifinal Piala AFF 2022 jika menang saat menjamu Vietnam pada Jumat, 30 Desember 2022. Jika pun gagal menang dari Vietnam, ada cari lain yang bisa mengantarkan Irfan Fandi dan kawan-kawan menuju empat besar.


The Lions hanya butuh hasil imbang di dua laga terakhir, yakni saat menjamu Vietnam dan bertandang ke markas Malaysia. Koleksi delapan poin sudah cukup bagi Singapura finis di posisi dua besar Grup B Piala AFF 2022.(*)