Wamentan ke Sijunjung, Ini Agendanya -->

Iklan Atas

Wamentan ke Sijunjung, Ini Agendanya

Kamis, 01 Desember 2022
.


Sijunjung - Wakil Menteri (Wamen) Pertanian RI Harvick Husnul Qolbi, lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (29/11/2022).


Dalam kunjungannya tersebut, Wamen Pertanian RI itu melakukan diskusi dengan kelompok tani yang ada di Kabupaten Sijunjung.


“Dalam kegiatan ini kita bersama bupati dan wabup beserta unsur Forkopimda memperlihatkan kepada masyarakat bahwa pemerintah berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian,” ungkapnya


Ia menambahkan, berbagai program telah dilakukan untuk memajukan sektor pertanian dan akan lebih ditingkatkan pada tahun 2023.


“Nantinya program untuk pertanian akan terus kami tingkatkan, seperti swasembada beras di Sijunjung tentunya tetap bertahan dan untuk produk pertanian lain juga ditingkatkan,” ujar Harvick Husnul Qolbi.


Selain itu, Kabupaten Sijunjung diketahui sebagai salah satu penghasil komoditas manggis terbesar di Indonesia.


Kata Harvick, pihak Kementerian siap memfasilitasi untuk Kabupaten Sijunjung bisa melakukan ekspor manggis secara mandiri.


“Masyarakat Sijunjung menghendaki untuk melakukan ekspor manggis langsung tanpa mengandalkan daerah lain, kami sangat mendukungnya,” tutur Wamen RI itu.


Dikatakannya, nantinya persyaratan tersebut bisa diketahui oleh kepala daerah apa saja yang diperlukan untuk melakukan itu.


“Nantinya kami juga akan memberikan pelatihan-pelatihan, agar nantinya hasil pertanian dari Kabupaten Sijunjung bisa diterima dengan baik,” imbuhnya.


Ia berharap, sektor pertanian di Sumbar khususnya Sijunjung, agar terus meningkat tidak hanya in farm tetapi juga out farm.


“Out farm ini maksudnya barang jadi, produk ini nantinya harus terus ditingkatkan dalam sektor pertanian,” tutupnya (*/def)