BREAKING NEWS: Gempa Dahsyat M 7,8 Landa Turki, Hancurkan Sejumlah Bangunan -->

Iklan Atas

BREAKING NEWS: Gempa Dahsyat M 7,8 Landa Turki, Hancurkan Sejumlah Bangunan

Senin, 06 Februari 2023

Ilustrasi



Ankara- Gempa bumi berkekuatan (M) 7,8 telah melanda Turki selatan dekat perbatasan Suriah, kata Layanan Geologi Amerika Serikat (USGS), Senin, (6/2/2023). Gempa dahsyat ini juga terasa di Siprus, Lebanon, dan Suriah.


Gempa terjadi pada pukul 04.17 waktu setempat (01:17 GMT) pada kedalaman sekira 17,9 km, kata USGS, sebagaimana dilansir Al Jazeera.


Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) menempatkan kekuatan gempa sebesar M 7,4 di dekat kota Kahramanmaras dan Gaziantep, dekat perbatasan Suriah.


USGS melaporkan gempa lainnya berkekuatan M 6,7 terjadi di dekat lokasi gempa pertama sekira 15 menit kemudian.


Otoritas Turki belum melaporkan kematian atau cedera, tetapi video yang diposting di media sosial menunjukkan bangunan yang hancur di beberapa kota di tenggara negara itu, sebagaimana juga dikutip Okezone.com.


Penyiar TRT dan Haberturk menunjukkan gambar orang berkumpul di sekitar bangunan yang rusak di kota Kahramanmaras, mencari korban selamat.


Gubernur Provinsi Sanliurfa di tenggara Turki, Salih Ayhan, mengatakan di Twitter, "kami memiliki bangunan yang hancur" dan mendesak orang untuk pindah ke lokasi yang aman.


Turki berada di salah satu zona gempa paling aktif di dunia.(*)