Wako Launching Pariaman Smart City -->

Iklan Atas

Wako Launching Pariaman Smart City

Minggu, 28 Maret 2021

 

.

Kota Pariaman, fajarsumbar.com - Walikota Pariaman, Genius Umar launching Pariaman Smart City sekaligus Penandatanganan PKS E-Retribusi Pariwisata dan Peresmian Kampung Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Los Lambuang Balai Kuraitaji di Aula Balaikota Pariaman, Jumat (26/3/2021).


Genius Umar mengatakan peran Bank Nagari sangat luar biasa karena langsung menjawab kebutuhan masyarakat dan membuat dengan nyata misalnya e-Retribusi langsung dilakukan serta membuat Kampung Qris, ini semua sangat mempermudah transaksi masyarakat.


“Melalui transaksi elektronik ini kita bisa mengajarkan masyarakat kebiasaan menggunakan perbankan sehingga nanti perusahaanya lebih bank cabel”, imbuhya 


Ia menjelaskan dari sisi pemerintahan kita bisa lebih cepat mengukur Pendapatan Daerah Regional Bruto (PDRB) sehingga kita bisa mengambil keputusan untuk kebijakan yang dilakukan untuk berikutnya dalam peningkatan pendapatan masyarakat. Tutur Genius Umar.


Kembali menegaskan kerjasama Kota Pariaman dengan Perbankan khususnya Bank Nagari cukup mampu membuat Kota Pariaman berubah dengan cepat.


“Bank Nagari merupakan bank yang sangat luar biasa, sangat cepat yang dilakukannya dan diharapkan kerjasama selama ini akan terus kita tingkatakan”, terangnya 


Ia juga menjelaskan bahwa untuk penerapan Kampung Qris ini pertama kali diterapkan di Los Lambung Balai Kuraitaji, Kecamatan Pariaman Selatan dan pertama di Sumatera Barat. 


Kedepan, setiap kecamatan akan kita minta melakukan hal yang sama, dan besok direncanakan akan dipasang juga di Pasar Rakyat Kota Pariaman yang akan diresmikan oleh Presiden RI karena ini merupakan juga bagian dari program Kementerian Perdagangan untuk memperbanyak berbagai transaksi dipasar-pasar tradisonal.


Selain perbankan, Kota Pariaman dalam mencapai smart city ada dari sektor kesehatan, sektor pendidikan dan Mall Pelayanan Publik.


Dengan smart city berbagai infrastruktur kesehatan, sistem dalam penanganan pasien dan infrastruktur pembangunan pendidikan sudah dilakukan. Dengan bantuan dari Bank Nagari ini, semua sistem itu diintegrasikan sehingga semuanya lebih mudah.


Wali Kota Pariamna berharap apa yang di kerjakan ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Pariaman khususnya dan Sumatera Barat. (Heri )