Wako Pariaman Ajukan Lima Proposal -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Wako Pariaman Ajukan Lima Proposal

Rabu, 14 April 2021





FOTO BARENG - Usai menyerahkan proposal kepada Mentri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Teeggono, dilakukan foto bareng.  





Pariaman - Kedatangan Wapres RI Ma’ ruf Amin ke Kota Pariaman ketika peresmian Pasar Rakyat Pariaman beberapa hari lalu, memberikan peluang bagi Pemko Pariaman untuk menggaet dana dari pemerintah pusat melalui kementerian. 



Pasalnya, Walikota  Pariaman Genius Umar meminta dan bermohon kepada Wapres RI Ma’ ruf Amin untuk membantu sejumlah pembangunan sarana dan prasarana di Kota Pariaman.  

Banyak sarana dan prasarana yang perlu dibangun di Kota Tabuik  ini. Tersebab APBD tidak sanggup menampung anggarannya, maka harapan besar berada di Pemerintah Pusat.



Senin (12/4), Walikota Pariaman  Genius Umar mendatangi Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Kedatangan Walikota disambut Mentwri KKP RI,  Sakti Wahyu Trenggono di Gedung Mina Bahari Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 Jakarta Pusat yang difasilitasi Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade.


Kepada  Menteri KKP RI, Walikota Pariaman Genius Umar serahkan lima proposal terkait usulannya yang disampaikannya kepada Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin.



“Ada lima usulan permintaan pembangunan yang saya prioritaskan kepada Pak Wapres RI , yakni Pembangunan Pasar Ikan Karan Aur, Pusat Kuliner Talao Pauh, Desa Wisata (Dewi) Bahari, Dermaga Apung Pulau Ujung dan Penanggulangi Abrasi Pantai Pulau Angso Duo,” ujar Genius.



Tak hanya itu, dalam pertemuan dengan  Menteri KKP, juga dibahas mengenai sinergi dan kolaborasi potensi bahari Sumbar serta menggali potensi perikanan laut dan perikanan tawar untuk menunjang pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi.



Sedangkan di sektor  kelautan dan perikanan secara, Genius juga sampaikan empat program andalan Kota Pariaman yang telah mulai dikembangkan, yakni DEWI (Desa Wisata), DEDI (Desa Digital) dan DERI (Desa Bahari). 



Kegiatannya dilaksanakan di Desa Apar, Desa Pauh Barat, Desa Taluak dan Desa Marunggi yang kesemua desa tersebut berada di pinggir pantai.



Walikota berharap semua usulan pembangunan Kota Pariaman yang diajukan ke Pemerintah Pusat ini dapat segera terealisasi dengan cepat, dan meminta kepada masyarakat Kota Pariaman untuk ikut mendoakan dan mendukung upaya-upaya pembangunan yang akan kita lakukan demi meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat Kota Pariaman.



Sementara itu,  Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono juga punya keinginan untuk mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di daerah. Menteri Trenggono menyatakan kesiapannya memberi dukungan sarana dan prasarana untuk mendorong produktivitas daerah dalam tata kelola kelautan dan perikanan.



Menteri KKP RI  juga berpesan, setiap kegiatan usaha yang akan dibangun harus berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan tidak mengancam keberlanjutan ekosistem laut. (*)



adsen