Disdukcapil Tingkatkan Pelayanan Digital -->

Iklan Atas

Disdukcapil Tingkatkan Pelayanan Digital

Selasa, 25 Mei 2021
.


Parit Malintang, fajarsumbar.com - Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang MM membuka evaluasi standar pelayanan dokumen kependudukan dan catatan sipil di Hall Kantor Bupati, Selasa (25/05/21). 


Wakil Bupati Rahmang mengatakan setiap penyelenggaraan pelayanan publik baik langsung maupun tidak langsung, wajib menyusun dan menerapkan standar pelayanan sebagaimana diamanatkan UUD No.25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik


Ia sangat mengapresiasi kinerja Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) melalui program-program yang telah diterapkan dalam melakukan pelayanan Publik,


Buktinya, sebut mantan Kadis Dikbud itu, berbagai penghargaan yang telah di raih atas kinerja yang telah dilakukan. Untuk itu, tentu dilakukan evaluasi guna menjaga dan lebih meningkatkan performa dalam melakukan pelayanan publik kedepannya.


"Untuk itu, melalui pelayanan publik yang baik, tentunya membuat keberadaan pemerintah benar-benar ada tengah-tengahah masyarakat, dan itu menjadi nilai positif" tegas dia. 


Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil M Fadhly S.Ap, M.M melaporkan Disdukcapil yang dipimpinnya telah melakukan perubahan dalam pelayanan publik dari pelayanan manual menjadi pelayanan melalui digital.


"Kita telah melaksanakan pelayanan secara online dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik  melalui Inovasi Nagita (Nagari Go Digital)" ujar Fadhly.


Menurutnya, program digital sangat efisien bagi masyarakat dalam melakukan urusan di Disdukcapil. Hal demikian, tentunya sangat membantu dalam percepatan pengurusan dokumen oleh masyarakat.


"Juga menghemat biaya transportasi bagi masyarakat yang harus langsung berkunjung ke Kantor dalam mengurus dokumen, jika dibandingkan sebelum dilakukan program digitalisasi pelayanan" ungkap Kadis Dukcapil itu.


Kegiatan Evaluasi Standar Pelayanan Dokumen yang diselenggarakan Dinas Dukcapil Padang Pariaman ini, juga dihadiri Ketua Komisi Satu DPRD Syafrizal.A, SH. (saco)