Masata Jadi Wadah Majukan Pariwisata -->

Iklan Atas

Masata Jadi Wadah Majukan Pariwisata

Selasa, 08 Juni 2021
Foto bersama usai pelantikan DPC Masata Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Dilantiknya pengurus Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Kota Padang Panjang, Selasa (8/6) di auditorium Mifan Water Park, diapresiasi walikota, Fadly Amran, 


Kendati begitu, wako  berharap Masata yang diketuai Yuliza Zen, S.E,menjadi wadah aspirasi serta mampu bersinergi dengan semua pihak memajukan pariwisata berbasis masyarakat.


“Alhamudulillah, ini sudah berada pada tahapan selanjutnya, dari seluruh kelompok sadar wisata yang ada, sudah terbentuk sebuah himpunan (Masata-red). Yang namanya himpunan, merupakan tempat berkumpul dan tempat aspirasi dari kelompok Masata itu. Masata hadir sebagai penyambung lidah, aspirasi, apa yang bisa disenergikan baik dalam Masata itu sendiri, maupun bersama dengan Dinas Pariwisata,” ungkap Fadly seusai menyaksikan pelantikan DPC Masata sekaligus membuka acara Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata. 


Diingatkan program kerja Masata harus terukur dengan indikator yang jelas dan memberikan reward bagi anggotanya yang berprestasi. Kemudian, hubungan silaturahmi selalu terjaga. “Kehadiran Masata hendaknya juga memberikan multiflier effect kepada masyarakat sekitar dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi,” ujarnya. 


Ketua DPD Masata Provinsi Sumbar, Joni Mardianto, SS, M.Par menyampaikan, Masata di Sumbar telah tebentuk sejak November 2020 dengan jumlah delapan DPC. DPD Masata menargetkan minimal terbentuk 15 DPC Masata di Sumbar. “Masata terbentuk karena pandemi Covid-19. Masata diinisiasi pusat untuk menggairahkan kembali kepariwisataan, melakukan pendampingan desa wisata, men-support dan menggali potensi wisata secara bersama-sama,” katanya.


Terkait  pelatihan pengelolaan  desa wisata, Kadis Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Drs. Maiharman mengatakan, mempercepat peningkatan kualitas pengelolaan desa wisata. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari tatap muka, dilanjutkan dengan kunjungan lapangan. (syam)