Bupati Sijunjung Gelar Pasukan Siaga Covid-19 -->

IKLAN ATAS

Bupati Sijunjung Gelar Pasukan Siaga Covid-19

Senin, 12 Juli 2021

Lepas pasukan siaga Satgas Covid-19 di depan kantor


Sijunjung, fajarsumbar.com - Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, gelar pasukan siaga Satgas Covid-19 di depan kantor Dinas Kesehatan Muaro Sijunjung, Senin (12/7/2021).


Hal ini dilakukan guna menindak lanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 17 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Micro agar pengendalian penyebaran Covid-19, di Kabupaten Sijunjung dapat diatasi dengan baik dan aman, sehingga tidak mengganggu jalannya perekonomian masyarakat.


Di Sijunjung jangan sampai terjadi wabah Covid-19 ini mengkuatirkan seperti halnya pada beberapa daerah lainnya. Korban terus berjatuhan, ruangan isolasi untuk perawatan pasien covid sudah penuh sesak. 


Pihak rumah sakit sudah kewalahan melayani pasien Covid-19 yang bertambah terus, juga keterbatasan peralatan medis seperti ventilator, cadangan oksigen dan juga kekurangan tenaga medis. 


"Jika hal serupa sampai di Kabupaten Sijunjung tentu akan mengganggu seluruh sektor perekonomian masyarakat, ini yang kita cegah di Kabupaten Sijunjung sehingga pada hari ini pemerintah Kabupaten Sijunjung kembali mengingatkan dan menghimbau ke masyarakat dan Instansi Terkait mari bersama sama untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 ini," kata Benny. 


Mumpung Kabupaten Sijunjung tidak terlalu mengkuatirkan dan dalam kondisi aman Covid-19 namun perlu waspada terhadap ancaman wabah Covid-19 ini, jelasnya.


Sejauh ini pemerintah Kabupaten Sijunjung bersama timnya sudah melakukan operasi penegakan disiplin terhadap masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, melakukan pengawasan ke Kantor-Kantor Pemerintah, sekolah-sekolah, tempat tempat wisata, pasar dan taman-taman kota. 


Monitoring terhadap posko-posko penanganan covid-19 yang ada pada masing-masing nagari juga perlu dilakukan karena PPKM ini memang untuk pengawasan yang bersifat lokal. 


Selain itu Beberapa kegiatan vaksinasi gratis juga sudah dilaksanakan, tetapi masih banyak masyarakat yang tidak mau datang, dengan alasan takut. Beberapa upaya untuk menarik masyarakat agar mau divaksin yaitu dengan memberikan hadiah door prize dan ini cukup berhasil. Kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, Camat dan Walinagari juga diminta untuk dapat memberikan motivasi tentang manfaat dari vaksin ini. 


"Hari ini sengaja kita kumpulkan Satgas Covid-19 Kabupaten Sijunjung untuk melakukan kegiatan apel siaga sebagai bentuk kesiapan kita untuk penanganan Covid-19 disamping memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Pemerintah Kabupaten Sijunjung sangat peduli kepada keselamatan warganya dari serangan covid-19 ini," pungkasnya.


Hadir dalam apel gabungan tersebut juga dihadiri Sekda Zefnihan AP.M.Si bersama kepala OPD, Letkol inf. Endik Hendra Sandi. S.Sos M.I.Pol, Dandim 0310 SSD, Waka Polres Sijunjung Kompol Andi Sentosa. SH, Kejari, Kepala Pengadilan Negeri Muaro dan bersama personil TNI, Polri, petugas kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan dan POL PP serta lainnya. (def)