Amar Ma’ruf Pemenang Desain Logo MTQ Sumbar di Padang Panjang -->

Amar Ma’ruf Pemenang Desain Logo MTQ Sumbar di Padang Panjang

Selasa, 03 Agustus 2021
Logo MTQ Sumbar di Padabg Panjang.


Padang Panjang - Desain  karya Amar Ma’ruf Stya Bakti dari Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, terpilih sebagai logo MTQ Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatra Barat Tahun 2021 di Kota Padang Panjang. 


Amar menyisihkan 223 peserta dari 15 provinsi lainnya yang mengikuti sayembara cipta logo MTQ ini. 


Logo karya dosen DKV Universitas Ma Chung Malang ini, dipilih dewan juri yang terdiri dari walikota Fadly Amran,  Kadis Kominfo, Drs. Ampera Salim, S.H, M.Si, Kabag Kesra, Ade Afdil, S.Pd.I dan praktisi branding Sumbar, Haris Satria, sebagai yang terbaik dari begitu banyak disain logo yang masuk ke panitia.


“Logo ini merepresentasikan seluruh elemen ciri khas Padang Panjang dan Minangkabau yang islami sesuai dengan semangat dilaksanakannya MTQ Nasional Tingkat Sumbar pada November mendatang. Kami mengapresiasi karya ini sebagai yang terbaik dari begitu banyak yang kami nilai,” kata Wako Fadly, Senin (2/8) di Padang Panjang.


Dari dokumen yang disertakan Amar ke panitia, logo yang didisainnya memasukkan beberapa elemen. Di antaranya kubah Masjid Asasi Sigando, kubah dan menara Masjid Islamic Centere, gonjong Rumah Gadang Minang, dan Alquran berwarna marawa Minangkabau. Logo MTQ ini menggunakan warna dasar biru, hijau dan emas.


Dengan terpilihnya Amar sebagai pemenang, dia berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp15 juta potong pajak dan piagam penghargaan.


Keikutsertaannya dalam sayembara cipta logo MTQ ini, Amar melalui emailnya menyebutkan, alasannya ikutserta untuk menambah skill dan kreativitas serta menambah ilmu dalam memahami brief tentang sebuah desain. 


“Selain itu juga menambah portofolio dan jenjang karir ke depan,” tulisnya.


Dari portofolio yang dikirimnya, dia sudah acapkali menjadi pemenang lomba disain. Di antaranya juara 1 logo Purwa Caraka Music Studio, juara 1 logo City Branding Kabupaten Lumajang Eksotik, juara 1 logo Ikatan Ahli Gula Indonesia (IKAGI), juara 2 logo Development Channel (Kementerian PPN/Bappenas), juara 3 logo City Branding Kabupaten Lamongan, juara 6 logo Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia, juara 6 maskot Kabupaten Situbondo, juara favorit logo Pasar Produk BUMN dan 57 kali juara logo di web www.48hourslogo.com 


Selain Amar dari Banyuwangi, lomba juga diikuti peserta dari Sumatra Barat, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan bahkan ada dari Papua. (syam)