Bupati dan Rektor Tandatangani Naskah Kerjasama Pembangunan Kampus UNP -->

IKLAN ATAS

Bupati dan Rektor Tandatangani Naskah Kerjasama Pembangunan Kampus UNP

Minggu, 01 Agustus 2021


FajarSumbar.Com - Pembangunan kampus Universitas Negeri Padang (UNP) di Kabupaten Pasaman, tinggal selangkah lagi, setelah dilakukannya penandatanganan naskah kerjasama Sinergitas Pembangunan Kampus UNP oleh 


Bupati Pasaman H. Benny Utama dan Rektor UNP Prof. Ganefri,Ph.D di Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman, Sabtu (31/07/2021.


Mengawali sambutannya Rektor UNP Prof Ganefri. Ph.D menyatakan, sebagai Bupati Pak Benny sangat 'care' dengan dunia pendidikan, dan kami di UNP siap mendukung keinginan untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Pasaman dan Sumatera Barat secara umum.

 

Potensi sumber usaha ekonomi Daerah  Sumatera Barat sagat minim, namun yang bisa dihandalkan hanya potensi sumber daya manusianya, sehingga potensi sdm ini, harus dikembangkan dan diangkat melalui jalur pendidikan.


"Sumatera Barat tergantung pada sumber daya manusianya, artinya pembangunan Sumatera Barat semestinyalah dititik beratkan pada bidang pembangunan manusia,", sebut Prop Genafri. Ph.D


Diungkapkan bahwa Ideks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pasaman beberapa tahun terakhir mengalami penurunan, kendati di masa lima tahun sebelumnya sempat baik dan berada di 10 besar Sumatera Barat .


Namun Rektor UNP Profesor Ganefri, merasa optimis, dibawah kepemimpinan pak H. Benny Utama Kabupaten Pasaman akan lebih baik dan UNP siap mendukung kenaikan IPM Pasaman di bidang pendidikan.


Disebutkan, UNP saat ini tercatat sebagai Universitas terbesar di Pulau Sumatera, dengan jumlah mahasiswa 50.000 orang.


Didukung dengan tujuh kampus yang tersebar pada Kabupaten dan Kota, yakni berada di Padang, Bukit Tingg, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Painan, dan Insya Allah kampus di Pasaman jadi yang ke delapan," beber Rektor UNP yang juga mantan Kepala Kopertis Wilayah X Padang itu.


"Kampus UNP di Pasaman ini rencananya untuk prodi jurusan pendidikan, pertanian dan kepariwisataan," sebut Ganefri.


Pengembangan kampus di daerah-daerah, kata Ganefri adalah salah satu pola UNP untuk menyajikan layanan pendidikan tinggi yang dekat dengan rakyat.