Pekan Pendaftaran Penduduk Dibuka, Wabup Solsel; "Pelayanan Harus Maksimal" -->

Adsense-ATAS

Pekan Pendaftaran Penduduk Dibuka, Wabup Solsel; "Pelayanan Harus Maksimal"

Rabu, 17 November 2021
Wakil Bupati didampingi Kepala Dinas Capil Solok Selatan, memantau kegiatan pendataan penduduk di RTH Muara Labuh.

Solsel, fajarsumbar.com - Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi bersama kepala Dukcapil Provinsi Sumatra Barat buka pekan pendaftaran penduduk di Ruang Taman Hijau (RTH) Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu, Rabu (17/11/2021).


Sebagaimana kita ketahui, perubahan kebijakan yang diatur dalam undang-undang Nomor 24 Tahun 2013, semua bersifat pro-rakyat, antara lain pelayanan gratis, KTP-elektronik berlaku seumur hidup. 


Stelsel aktif, pendanaan penyelenggaraan administrasi kependudukan di Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan penggunaan data Kependudukan Kementrian Dalam Negri. 


Hal tersebut bertujuan agar pelayanan administrasi kependudukan dapat berjalan dengan baik dan efektif. 


Dan dalam rangka pelayanan administrasi kependudukan, pemerintah telah membuat begitu banyak aturan, perpres, permendagri, program kegiatan serta terobosan di bidang kependudukan. 


Wakil Bupati Solok SekatannYulian Efi dalam pidato menyampaikan bahwa, "Pelayan publik bidang administrasi kependudukan ini adalah persoalan yang amat penting dan mendasar, Dukcapil bukan sekedar pelayanan dasar akan tetapi juga menjadi dasar dari semua pelayanan", jelas wabup. 


Dengan harapan semua penduduk harus terdata dalam database kependudukan, anak-anak diberikan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA), selanjutnya diberikan KTP, dan apabila menikah diberikan akta perkawinan, sekiranya meninggal akan diberikan Akta Kematian. 


Sementara itu kegiatan pekan pendaftaran penduduk Sumatera Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Solok Selatan ini berlangsung selama 2 hari di 3 kecamatan yakni, Kecamatan Pauh Duo, Kecamatan Sungai Pagu, dan Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD). 


Untuk kelancaran kegiatan Ini, Wabup perintahkan kepada seluruh Camat dan wali nagari yang terlibat agar pro aktif untuk menginformasikan dan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan  pelayanan terpadu administrasi kependudukan dengan tema "Pelayanan Dukcapil Untuk Semua" ini.


Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Drs. Efi Yandri memaparkan, maksud dan tujuan diselenggarakannya Kegiatan Pekan Pendaftaran Penduduk Sumatra Barat ini adalah, untuk mewujudkan pelayanan bidang kependudukan dan pencatatan sipil yang membahagiakan masyarakat. (Abg)