Ratusan Siswa SMKN 1 Solsel Dilepas PKL -->

Adsense-ATAS

Ratusan Siswa SMKN 1 Solsel Dilepas PKL

Sabtu, 18 Desember 2021

Kepala SMKN1 Solok Selatan Efrisol didampingi ketua Komite, Madjikis Sekolah saat memasangkan kokarde kepada perwakilan peserta PKL.


Solsel, fajarsumbar.com - Ratusan siswa siswi SMKN 1 Solok Selatan yang akan mengikuti Praktek Kerja Lapangan PKL dilepas oleh Komite sekolah. 


Pelepasan siswa PKL ini dihadiri oleh ketua Madlisi Sekolah (MS), ketua komite beserta anggota, orang tua siswa, di halaman sekolah, Sabtu (18/12/2021).


Kepala sekolah SMKN 1 Solok Selatan Efrisol dalam sambutan saat pelepasan siswa Prakerin itu menyampaikan. Untuk tahun ajaran 2021-2022 ini jumlah siswa yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan sebanyak 314 orang dan berangkat dua ronde.


Ronde pertama berangkat pada tanggal 5 Januari 2022 sampai 31 Maret 2022, dengan jumlah siswa dironde pertama itu sebanyak 170 orang, dan ronde kedua pada bulan April 2022 sebanyak 144 orang, dengan jumlah pembimbing sebanyak 32 orang. 


Jurusan Akuntansi 29 orang, Administrasi 30 orang, Bisnis Daring 22 orang, Multimedia 30 orang, Perhotelan 29 orang, Tata Boga 30 orang 


Tahun ajaran 2021-2022 ini tempat PKL siswa SMKN 1 Solok Selatan sebanyak 70 tempat Dunia Usaha dan Dunia Industri, dengan rincian. Kota Padang Dunia Industri dan Dunia Industri sebanyak 32 tempat, Bukittinggi 5 Dunia Usaha dan Dunia Industri, Kabupaten Solok, Kota Solok 2 tempat, Muara Labuh 18 tempat, Padang Aro 10 lokasi, Pakan Baru 3 lokasi. 


Diakui masih banyak dari siswa siswi yang nilainya belum tuntas, oleh karena itu diundang seluruh orang tua wali murid yang nilainya tidak tuntas. Nilai ini masuk dalam persyaratan untuk pelaksanaan Prakerin. 


"Menjelang keberangkatan menuju tempat PKL, semua siswa yang tidak tuntas nilainya harus dituntaskan, " tegas Kepsek. 


SMK jauh berbeda dengan sekolah umum lainya, apa itu, karena siswa siswi yang tamat di SMK bisa segera mencari dan menciptakan lapangan kerja sendiri, itu makanya di SMK ada proses kerja Industri. 


Di saat PKL jangan coba coba lengah dan bermain main, ciptakan nuansa betul betul menginginkan ilmu didunia kerja. 


Saat ini banyak Dunia Usaha yang membutuhkan siswa tamatan SMK, dan itupun tergantung kepada siswa itu sendiri. 


Ketua Komite SMKN 1 Solok Selatan Joni Wardi Dt Rajo Pangulu dalam arahanya di hadapan ratusan siswa mengatakan. Dalam pelaksanaan PKL ini hanya dituntut kejujuran dalam melaksanakan praktek, jaga nama baik sekolah, dan jaga nama daerah. 


PKL itu merupakan suatu keharusan bagi siswa siswi SMK dan itupun program untuk melahirkan siswa yang mandiri dan kreatif. 


Sementara itu ketua Majelis Sekolah (MS) SMKN 1 Solok Selatan Syukriyal Syukur Dt Majo Basa juga menyampaikan arahan. 


Praktek Kerja Lapangan PKL merupakan sesuatu yang harus dilalui oleh siswa siswi SMK, program ini termasuk agenda sekolah yang tidak bisa disepelekan. 


Dalam PKL ini yang harus digaris bawahi siswa harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi. (Abg)