Pisah Sambut Kapolres Tanah Datar Dilakukan Dengan Tradisi Pedang Pora -->

Adsense-ATAS

Pisah Sambut Kapolres Tanah Datar Dilakukan Dengan Tradisi Pedang Pora

Sabtu, 08 Januari 2022

 

Prosesi Tradisi Pedang Pora menyambut AKBP Ruly Indra Wijayanto sebagai Kapolres Tanah Datar


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Polres Tanah Datar menggelar pisah sambut Kapolres, jabatan itu diserahterimakan dari AKBP Rokhmad Hari Purnomo, SIK. M.Si kepada pejabat baru AKBP Ruly Indra Wijayanto, SIK. M.Si. Pisah sambut orang nomor satu di Polres Tanah Datar tersebut dilakukan dengan Tradisi Pedang Pora, yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat, di halaman Mapolres Tanah Datar, Sabtu (8/1/22) sekira pukul 09.00 Wib.


Kapolres Tanah Datar yang baru, AKBP Ruly Indra Wijayanto, bersama Ketua Bhayangkari disambut Wakapolres Kompol Eridal, serta mendapatkan kalungan bunga saat memasuki Gerbang Pora dengan formasi pedang yang dihunus diatas kepala, seperti gapura dan berbaris memanjang saat memasuki Mapolres Tanah Datar. Formasi tersebut dimaksudkan agar pimpinan yang baru siap melangkah dalam menghadapi segala rintangan dengan jiwa kesatria.


Turut menyambut para Pejabat Utama, Kasat, Kapolsek se jajaran bersama istri se jajaran Polres Tanah Datar, serta para personil Polri di jajaran Polres Tanah Datar.


Serah terima jabatan Kapolres Tanah Datar itu sendiri telah dilaksanakan kemarin Jumat (7/1), di Mapolda Sumatera Barat. Sebelum menjabat Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra menduduki jabatan sebagai Kasubditgakkum Ditpolairud Polda Sultra, dan juga pernah menjabat sebagai Kapolsek Metro Tamansari Jakarta Barat. Sedangkan AKBP Rokhmad Hari Purnomo selanjutnya akan mengemban tugas sebagai Kasubagrenpers Bagren Rojianstra SSDM Polri, dan menjabat sebagai Kapolres Tanah Datar selama 2 tahun 4 bulan.


Seusai acara Pedang Pora, dilanjutkan berbagai rangkaian kegiatan, seperti lapsat (laporan kesatuan) dan penandatanganan memori serah terima, yang dilaksanakan di Gedung Pratidina. Acara dilanjutkan apel pasukan penyambutan dan pelepasan Kapolres, walaupun di guyur hujan lebat tetapi acara berlangsung dengan lancar dan khidmat, serta diakhiri dengan pelepasan AKBP Rokhmad dengan acara Pedang Pora.


AKBP Rokhmad Hari Purnomo ucapkan terima kasih, kepada anggota yang telah melakukan kerja sama dan memberikan dukungan selama menjalankan tugas di Tanah Datar. Ia juga menuturkan bahwa masyarakat Tanah Datar orangnya baik, ramah, dan mendukung terciptanya iklim kondusif. Begitu juga dengan pemerintahan dan Forkompimda setempat yang selalu bersinergi.


"Saya berharap, kerja sama dan dukungan itu dilanjutkan ke Kapolres baru, sehingga Polres Tanah Datar akan lebih baik lagi dan profesional untuk melindungi dan mengayomi masyarakat," katanya.


Sementara itu, AKBP Ruly selaku Kapolres yang baru memastikan bahwa dirinya bakal melanjutkan tugas-tugas yang sudah dilaksanakan Kapolres sebelumnya. Menurut dia, program dari AKBP Rokhmad terbukti mampu menjaga Kamtibmas di Kabupaten Tanah Datar.


"Saya berharap sinergi dan kerja sama yang baik antara pimpinan dan anggota selama ini dapat dipertahankan. Semoga ke depan Tanah Datar bisa lebih baik lagi," kata AKBP Ruly. (fdy)