Video Detik-detik Bangunan Alfamart Gambut Ambruk, Kapolda Janji Panggil Tim Forensik Surabaya -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Video Detik-detik Bangunan Alfamart Gambut Ambruk, Kapolda Janji Panggil Tim Forensik Surabaya

Selasa, 19 April 2022
Proses evakuasi terus berjalan hingga menjelang waktu sahur, Selasa dini hari (19/4).(apahabar.com)


Kalsel - Beredar di media sosial grup Whatsapp video detik-detik bangunan Alfamart di Jalan A Yani Km 14, Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan yang ambruk.


Dalam video berdurasi 24 detik itu memperlihatkan bangunan Alfamart yang masih utuh namun hanya dalam beberapa detik sudah ambruk.


Ambruknya bangunan peremanen di pinggir Jalan A Yani Km 14 itu mengeluarkan gumpalan asap berwana putih.


Sebelum ambruk pembuat video sempat mendegar bunyi gemeretak keras kemudian seorang lelaki berteriak: “Rabah itu…Rabah….Rabah ei” dan hanya dalam hitungan detik bangunan Alfamart itu ambruk dengan mengeluarkan suara karas menggemuruh.


Setelah ambruknya bangunan itu, sejumlah warga yang berada di lokasi gedung berdatangan untuk mencoba memberikan pertolongan.


Dengan ambuknya bangunan permanen Alfamart di Gambut ini membuat banyak pihak yang berspekulasi tentang penyebab hingga terjadi musibah yang memakan korban jiwa tersebut.


Ketua Dewan Pakar Intakindo, Hasan Husaini menyebut penyebab ambruknya bangunan sangatlah kompleks.


“Karena bukan hanya gagal dari pondasi saja, tetapi juga gagal dalam perhitungan struktur dan mutu bangunan,” ungkap seperti dikutip di apahabar.com.


“Itu terlihat secara visual, yang mana ambruknya itu tidak tersisa sama sekali, padahal itu bangunan 3 lantai,” sambungnya.


Namun demikian, kata dia, penyebab pastinya tetap harus dikaji secara signifikan dan terukur oleh pihak terkait, agar bisa mendapat data yang akurat dari kegagalan bangunan tersebut.(*)