Hari Lansia, Hipertensi, Asma, dan Hari Tanpa Tembakau Diperingati Serentak -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Hari Lansia, Hipertensi, Asma, dan Hari Tanpa Tembakau Diperingati Serentak

Senin, 30 Mei 2022
Sejumlah wanita lajut usia tengah melakukan senam.


Padang Panjang, fajaraumbar.com  - Puncak Hari Lansia, Hari Hipertensi se-Dunia, Hari Asma dan Hari Tanpa Tembakau digelar di Puskesmas Gunung, Senin (30/5).


Berbagai kegiatan dilaksanakan memeriahkan acara tersebut. Di antaranya lomba senam lansia bersama Komunitas Senam Gembira (Komsenra), pemeriksaan kesehatan gratis, totok rokok, pameran produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan pameran produk pertanian organik.


Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang, dr. Faizah mengatakan, keempat peringatan hari-hari tersebut dikaitkan dengan Gerakan Kesehatan Masyarakat (Germas) yang merupakan usulan dari masyarakat termasuk dari Posyandu Lansia.


"Hal ini kita akomodir dan kita fasilitasi untuk dilaksanakan di puskesmas. Bentuk kegiatannya  antara lain pemeriksaan Penyakit Tidak Manular (PTM). Rabu (25/5), seminar hipertensi, kemudian juga ada lomba ekspos kader posyandu lansia," katanya.


Kepala Puskesmas Gunung, Widrayeni, SKM  menambahkan, terkait peringatan Hari Hipertensi se-dunia, Puskesmas Gunung menggelar seminar dengan sasaran penderita hipertensi yang tidak berobat teratur berdasarkan pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).


"Kita juga mengadakan stand upaya berhenti merokok, pemeriksaan faktor risiko penyakit tidak menular, sekaligus edukasi bagi para pengunjung secara gratis," sebutnya.


Pameran UMKM, kata Widrayeni, digagas Komsenra bersama Disperdakop UKM. Kemudian pameran produk pertanian organik dibantu Dinas Pangan dan Pertanian. 


Camat Padang Panjang Timur, Drs. Asrul menyambut baik kegiatan ini dan mengajak untuk selalu berperilaku hidup sehat. (syam)