Hoyak Kim Gratis, Warga Padang Rantang Gelar Halal bi Halal -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Hoyak Kim Gratis, Warga Padang Rantang Gelar Halal bi Halal

Minggu, 08 Mei 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com -- Memeriahkan lebaran Idul Fitri 1443H / 2022M, warga Jorong Padang Rantang, Nagari Koto Tuo Kecamatan Harau menggelar kegiatan halal bi halal berupa hiburan rakyat dengan melaksanakan sejumlah lomba. Kegiatan dipusatkan di lapangan hijau jorong setempat, Sabtu(07/05/2022).


Kegiatan ini dikoordinir langsung Wali Jorong Padang Rantang, Andra bersama ninik mamak yang ada di jorong ini. 


Informasi dari Dedet, Bamus Jorong Padang Rantang, kegiatan ini digagas pemuda dan didukung tokoh masyarakat. Selanjutnya juga untuk menyambut perantau Jorong Padang Rantang yang pulang kampung lebaran tahun ini. 


"Ini momen halal bi halal setelah 2 tahun tidak diadakan warga. Semiga acara ini disamping bisa menghibur warga, juga sebagai motivasi pengikat persatuan dan kesatuan. Karena ada sejumlah lomba kita gelar, diantaranya lomba tarik tambang, Memasukkan belut ke dalam botol, pacu tangkelek dan Joget balon. Kegiatan ini ditutup dengan hiburan dendang Kim minang dari Permata Musik, pada malam harinya,"terang Dedet. 


"Terima kasih atas sumbangsih warga, acara kita sukses. Termasuk tablik akbar,"tandas Dedet. 


Pada malamnya pasca shalat isya, warga Jorong Padang Rantang mulai bergerak menuju lapangan hijau dimana akan dilangsungkan penutupan lomba. Stand dendang Kim minang sudah berdiri di lapangan. Bermacam hadiah sudah disiapkan panitia. 


Sebagaimana diterangkan Ketua pemuda, M. Fauzi didampingi Wendra selaku ketua panitia, dalam kegiatan ini (dendang Kim minang) akan dibagikan hadiah lomba yang digelar tadi siang. Terima Kasih kepada para donatur, Hj. Aida, Mulyadi ST, dan donatur lainnya yang tak bisa kami sebutkan. Terima kasih juga untuk semua warga Jorong Padang Rantang yang telah menyukseskan kegiatan halal bi halal, kita ini,"jelas mereka. 


Mulyadi ST salah seorang tokoh masyarakat setempat dalam sambutanya kesempatan itu mengajak warga Jorong Padang Rantang untuk selalu bersatu membangun kampung tercinta. Menurut pengusaha muda ini, Allah SWT melalui bumi Padang Rantang sudah banyak memberi manfaat kepada warga. Sudah saatnya warga meningkatkan rasa syukur dengan meningkatkan hablul minalllah wa hablul minanaas.


"Halal bi halal yang kita laksanakan hari ini harus menjadi motivasi bagi kita semua. Bagaimana kita ikut andil dalam membangun Padang Rantang secara bersama-sama, dengan beragam profesi dan aktifitas. Dengan persatuan kita semakin kokoh, termasuk bersama kita dalam meningkatkan SDM warga, membangkitkan kembali perekonomian warga yang sempat lumpuh akibat pandemi covid-19,"ucap Mulyadi ST. 


"Di lapangan ini kita merumput, semua warga kita hadir mengikuti halal bi halal ini. Ada yang hadir bersama keluarga, dan menduduki tikar yang dibawa dari rumah. Sebagian ada yang manjalepok (duduk tanpa alas). Semoga momen halal bi halal ini memotivasi kita semua untuk sepakat memagar dan menjaga Padang Rantang dari maksiat, baik dari luar dan dari dalam sendiri. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin. Semoga semua amalan yang telah kita perbuat diterima Allah SWT. Aamiin,"pungkasnya. 


Hj. Aida yang sempat hadir malam hiburan rakyat ini mengajak warga sukseskan program Pemkab Lima Puluh Kota. Kesempatan itu, Aida menyempatkan reward untuk 3 orang warga yang mampu menjawab pertanyaannya. 


"Mari kita selalu kompak. Kami mengajak agar warga Jorong Padang Rantang sukseskan pemilihan wali nagari badunsanak di nagari Koto Tuo,"pesannya. 


Terpisah, Camat Harau Andri Yasmen saat dihubungi berpesan agar warga Jorong Padang Rantang tetap mengutamakan menjaga kantibmas.


"Singkat saja, tolong jaga keamanan. Semua demi kita juga,"pesannya. 


Momen halal bi halal ini ikut membawa berkah bagi pemilik warung di Jorong Padang Rantang. Terbukti, alat tulis berupa pena dan spidol 12 warna, ludes terjual.(Ul)