Festival Sumarak Luhak Nan Tuo Dibuka, Ajang Kreasi Anak Nagari -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Festival Sumarak Luhak Nan Tuo Dibuka, Ajang Kreasi Anak Nagari

Minggu, 19 Juni 2022

Asisten Ekobang Abdul Hakim memberikan sambutannya pada Pembukaan Festival Sumarak Luhak Nan Tuo, di Pariangan

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Setda Tanah Datar Abdul Hakim membuka Festival Sumarak Luhak Nan Tuo ke-3, di UPT SD 03 Tabek, Kecamatan Pariangan, Sabtu (18/6/22).


Abdul Hakim katakan, Festival Sumarak Luhak Nan Tuo merupakan ajang kreasi anak Nagari. Dimana melalui kegiatan tersebut diupayakan generasi muda akan mengenal dan mencintai seni budaya tradisi yang merupakan warisan leluhur. 


Abdul Hakim juga sangat mengapresiasi terhadap panitia penyelenggaran, walau dengan segala keterbatasan, mampu menampilkan perhelatan yang baik.


"Saya mengapresiasi Sanggar Seni Bina Musika, walau dengan pendanaan yang minim mampu menampilkan aneka seni hasil karya anak-anak didik pada festival seni tahunan ini," kata Asisten Ekobang.


Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Kabid Kebudayaan Abrar Muklis mengatakan, acara tersebut membuktikan upaya dalam memajukan kebudayaan, yang selaras dengan amanat konstitusi UUD RI 1945, Pasal 32 ayat 1.


Yang mengamanatkan, bahwa negara memajukan kebudayaan Indonesia di tengah peradaban dunia, dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.


"Diharapkan kegiatan ini juga dapat dilaksanakan diseluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Tanah Datar," kata Kabid Abrar.


Abrar Muklis juga tidak lupa ucapkan terimakasih kepada Sanggar Seni Bina Musika, yang telah memanfaatkan secara baik program pelestarian nilai nilai budaya, dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat. 


Acara tersebut turut dihadiri oleh Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Camat beserta Forkopimca, Wali Nagari beserta perangkat Nagari Pariangan, dan tamu undangan lainnya.(F12)