Bupati Way Kanan Hadiri Sosialisasi BI Kembangkan UMKM -->

Iklan Atas

Bupati Way Kanan Hadiri Sosialisasi BI Kembangkan UMKM

Jumat, 15 Juli 2022


.


Way Kanan - Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menghadiri sosialisasi Bank Indnonesia (BI) dalam rangka pengembangan UMKM Kabupaten Way Kanan di gedung Serba Guna Pemkab setempat, Kamis (14/07/2022).


Turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala/unsur Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan serta Dinas Perikanan.


Bupati Way Kanan menyampaikan bahwa sejak pandemi Covid-19, menjadi cambuk sekaligus momen bersama untuk mengejar ketertinggalam dalam pertumbuhan ekonomi digital. 


Seiring dengan berkembangnya teknologi finansial, telah banyak inovasi sistem pembayaran yang bermunculan, dimana dalam perkembangannya, inovasi tersebut menghadirkan suatu perkembangan ekonomi yang baru berupa ekonomi digital yang merupakan sebuah kegiatan yang baru dihadirkan terkait hubungannya dengan komponen virtual bisnis makro serta kegiatan bertransaksi timbal balik dengan inisiatif penggunaan Teknologi Internet sebagai alat bantu tukar.


“Pemkab Way Kanan terus berupaya mewujudkan visi Pemerintah Daerah yaitu Way Kanan Unggul dan Sejahtera,” ujar Bupati.


Dalam konteks sosialisasi QRIS (Quick Response Code for Indonesia Standard), Pemkab Way Kanan menyambut baik sekaligus mendorong pelaku UMKM untuk menggunakan sistem pembayaran berbasis scan atau memindai barcode, karena sistem tersebut bukan hanya untuk mengikuti tren penggunaan gadget di era digital saja, melainkan dengan menggunakan pembayaran non tunai dengan QRIS.


Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan UMKM, agar UMKM di Kabupaten Way Kanan dapat memiliki daya saing, dimana seluruh transaksinya terekam di Lembaga Jasa Keuangan, sehingga memudahkan pelaku UMKM nantinya, ketika membutuhkan akses permodalan dari Perbankan, karena seluruh transaksinya dianalisa sebagai analisa kemampuan payment capacity pada saat diberikan pembiayaan dari jasa keuangan.


“Semoga denngan diselenggarakannya sosialisasi QRIS ini, menjadi langkah awal UMKM untuk dapat membenahi managemen usahanya, baik dari segi kelembagaan, keuangan, maupun tingkat produktivitas usaha yang dimiliki”, lanjut Bupati Way Kanan.


Bupati juga berharap kepada para peserta Sosialisasi untuk dapat bersungguh-sungguh mengikuti acara tersebut, sehingga ilmunya dapat diserap dengan baik.acara yang bertajuk Gerakan Non Tunai Bagi Pelaku UMKM Dengan Menggunakan Transaksi Modern Melalui QRIS dengan Keynote Speech Marwan Cik Asan Anggota Komisi XI DPR RI. (Heri)