Istana Sebut Sapi Kurban yang Dibagikan Jokowi ke 34 Provinsi Berasal dari Peternakan Setempat -->

Istana Sebut Sapi Kurban yang Dibagikan Jokowi ke 34 Provinsi Berasal dari Peternakan Setempat

Jumat, 08 Juli 2022

Istana memastikan sapi yang diberikan Presiden Jokowi kepada 34 provinsi untuk disembelih saat Idul Adha 1443 H berasal dari peternakan setempat.



JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 34 sapi kurban untuk setiap provinsi yang ada di Indonesia untuk disembelih saat Idul Adha 1443 H. Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono mengatakan sapi-sapi tersebut berasal dari perternakan setempat yang ditunjuk oleh masing-masing gubernur.


"Kita minta dari peternakan setempat yang ditunjuk oleh gubernur. Tentunya kita membantu, misalkan di Aceh, Pak Gubernur yang kita cocok beli sapi sesuai kriteria yang ditetapkan di mana? Oh di sini, oh ya kita beli, setelah itu turun Dinas Peternakan setempat dan didampingi dikonsultasikan dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama," ujar Heru di Jakarta, Jumat (8/7/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


Heru mengatakan berat sapi yang disumbangkan bervariasi. Mulai dari 800 kg hingga 1,4 ton.


"Per provinsi satu, beratnya kurang lebih kita harapkan 800 kg - 1 ton. Ada yang tadi di daerah NTB itu 1,4 ton," kata Heru.


Terkait pemilihan sapi, Heru mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan para gubernur, Kementerian Pertanian, Kementerian Agama, dan Dinas Pertanian setempat. Salah satunya untuk memastikan daging kurban aman dikonsumsi dan bebas penyakit. 


"Dikoreksi lah sapi itu dan lain-lain. Maka tentunya sudah melewati dari proses-proses kesehatan yang diberikan. Sapi dari Bapak Presiden tentunya sudah sehat. Itu langkah pertama," kata Heru.(*)