PPID Utama Tanah Datar Lakukan Pembinaan Bagi Nagari Yang Ikut Lomba PPID Berprestasi -->

Iklan Atas

PPID Utama Tanah Datar Lakukan Pembinaan Bagi Nagari Yang Ikut Lomba PPID Berprestasi

Selasa, 19 Juli 2022

Kantor Nagari Lubuk Jantan

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Datar, selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama melakukan pembinaan PPID ke Nagari Lubuak Jantan dan Nagari Buo, Selasa (19/7/22). 


Pembinaan dihadiri Kabid IKP Roza Melfita S. STP, didampingi Pranata Humas Febreni SE, Armen S. Sos, pengelola website Fenti Agusti Citra A. Md dan Amalia Tifani.


Pembinaan tersebut ditanggapi baik oleh kedua Wali Nagari, yang mana pada intinya jajaran pemerintah di Nagari Lubuak Jantan dan Nagari Buo menyambut baik keterbukaan informasi publik.


Kabid IKP Diskominfo Tanah Datar Roza Melfita mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan keterbukaan informasi publik, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 khususnya terkait penguatan lembaga, peran dan fungsi PPID. 


Selain itu juga pembinaan dan monitoring kesiapan Nagari, yang akan mengikuti lomba PPID berprestasi yang akan dinilai KI Sumatera Barat pada tahun ini. "Pada hari ini kita mengunjungi Nagari Lubuak Jantan dan Nagari Buo, dalam rangka pembinaan serta monitoring, untuk lomba keterbukaan informasi publik yang diadakan oleh Komisi Informasi Sumbar," katanya. 


Roza katakan lagi, untuk Kabupaten Tanah Datar akan diwakili enam Nagari dan satu BUMNag pada lomba PPID berprestasi, yaitu Nagari Lubuak Jantan, Buo, Salimpaung, Tabek Patah, Baringin, Cubadak, dan Bumnag Nagari Baringin. "Kita berharap, Nagari tersebut bisa menjadi yang terbaik pada penilain keterbukaan informasi publik, yang dinilai oleh KI Sumbar nantinya," harapnya. 


Roza menjelaskan, adapun kriteria yang harus dipenuhi yaitu penyediaan kuisioner, validasi kuisioner, verifikasi faktual dan presentasi dimana ada inovasi Nagari dan bagaimana koordinasi Nagari. 


Terkait penilaian oleh KI Sumbar, dilakukan validasi data pada badan publik, yang mana prosesnya sedang berlangsung. Sementara pengisian kuisioner akan dilangsungkan pada 18 Juli - 5 Agustus, yang mana Nagari Lubuak Jantan telah mengisi kuisioner sesuai yang tertera, yang diajukan KI Sumbar, dan dilanjutkan verifikasi kuisioner 8 - 26 Agustus dan visitasi 5 September 7 Oktober.


Sementara itu, Sekretaris Nagari Lubuak Jantan Hermansyah, sampaikan ucapan terimakasih kepada Diskominfo Tanah Datar, yang telah melakukan pembinaan untuk Nagari yang akan ikut lomba PPID Berprestasi tingkat Provinsi Sumbar. 


"Kita berusaha semaksimal mungkin, kita telah ikuti evaluasi melalui website KI Sumbar, mudah-mudahan Nagari Lubuak Jantan berhasil mewakili Kabupaten Tanah Datar," harapnya. (F12)