Masuk Nominasi Berprestasi, Posyandu Kamboja Busur Dinilai Tim Provinsi -->

Iklan Atas

Masuk Nominasi Berprestasi, Posyandu Kamboja Busur Dinilai Tim Provinsi

Rabu, 31 Agustus 2022
Foto bersama usai kunjungan lapangan penilaian Posyandu Kamboja, Bukit Surungan, Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Tim Penilai Lomba Posyandu Berprestasi Tingkat Sumbar mengunjungi Posyandu Kamboja, Kelurahan Bukit Surungan (Busur), Kecamatan Padang Panjang Barat, Rabu (31/8).  


Kunjungan ini untuk meninjau secara langsung kondisi posyandu yang telah dipaparkan Kader Posyandu, Nurul Hidayah di tingkat provinsi beberapa waktu lalu. 


Nurul berhasil masuk lima besar nominasi terbaik kader posyandu tingkat kota se-Sumbar.  


Kedatangan tim penilai yang diketuai Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan Adat, Quartita Evari Hamdiana, SKM, MM beserta rombongan di Busur, disambut Walikota Fadly Amran beserta Ketua TP-PKK Kota, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP serta beberapa pejabat terkait.


Wako Fadly menyampaikan ucapan selamat kepada Posyandu Kamboja yang telah berhasil mewakili Kota Padang Panjang dalam lomba ini. 


“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras kader posyandu untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan gizi masyarakat. Kita semua harus mendorong upaya pemerintah Kota Padang Panjang agar posyandu yang ada benar-benar membawa dampak yang positif bagi keluarga, penyehatan lingkungan dan pencegahan penyakit yang mungkin timbul di tengah masyarakat,” katanya.


Ditambahkan Fadly, posyandu menjadi wadah mendorong ekonomi keluarga, dengan tujuan agar nantinya masyarakat dapat dengan mudah memperoleh hak-hak dasarnya, khususnya hak mendapatkan pelayanan kesehatan.


"Kami harap Posyandu Kamboja ini bisa menjadi yang terbaik dalam penilaian ini dan mengharumkan nama Kota Padang Panjang baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional," harapnya.


Sementara Quartita Evari Hamdiana menyampaikan, penilaian kader posyandu berprestasi merupakan tindak lanjut dari temu kader posyandu berprestasi yang diadakan beberapa waktu yang lalu. 


“Melalui tinjauan lapangan ini, tim penilai bisa melihat secara langsung aktivitas kader dalam penyelenggaraan pelayanan di posyandu. Seperti mengetahui manfaat posyandu yang dapat dinikmati masyarakat. Mengetahui hubungan dan partisipasi dinas atau instansi. Kemudian untuk mengetahui dukungan masyarakat dalam pengelolaan posyandu sebagai dasar untuk menetapkan kader posyandu  terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat,” ungkapnya.


Penilaian ini guna menambah dan memberikan pengetahuan kepada para kader bagaimana pengelolaan posyandu dengan baik. Nanti para kader yang menang, akan diikutsertakan studi komparatif tingkat nasional. 


Penilaian ini yang paling dilihat yaitu ekspose harus sesuai dengan yang tampak di lapangan.  "Jangan nanti diekspose ada, di lapangan tidak ada. Tentu ini mengada-ada dan akan menjadi catatan bagi dewan juri," terangnya.


Usai mendengarkan ekspose dari Lurah Busur, Ryan Afrinaldi, A.Md, tim penilai langsung melakukan meninjau ke lapangan. Mereka meninjau aktivitas di Posyandu Kamboja yang didampingi Ketua TP PKK, Dokter Dian serta Camat PPB, Fiori Agustian, S.IP, lurah serta pejabat terkait. (syam)