BPS Tanah Datar Gelar Rakorda Regsosek, Pemerintah Harapkan Data Berkualitas -->

Iklan Atas

BPS Tanah Datar Gelar Rakorda Regsosek, Pemerintah Harapkan Data Berkualitas

Rabu, 21 September 2022

Rakorda Regsosek oleh BPS Tanah Datar, di Emersia Hotel Batusangkar, Rabu (21/9) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanah Datar menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, di Emersia Hotel dan Resort Batusangkar, Rabu (21/9/22). 


Rapat bertajuk "Mencatat untuk Membangun Negeri Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat" itu dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, SH. mewakili Bupati Tanah Datar. 


Regsosek merupakan pendataan seluruh penduduk, yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam, mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial. 


Dalam sambutannya, Elizar menyebut, Regsosek perlu dilakukan untuk mendapatkan data berkualitas, dalam pengambilan kebijakan yang tepat. Dalam menghadapi tantangan yang timbul dari ketidakpastian ekonomi global. 


"Dalam upaya mendapatkan data yang berkualitas tersebut, tahun 2022 ini ada dua kegiatan besar yang dilaksanakan oleh BPS. Pendataan sensus penduduk lanjutan yang baru selesai dilaksanakan dan pendataan awal Regsosek, yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober s.d 14 November tahun 2022 ini," ujarnya


Elizar berharap, Rakorda Regsosek yang digelar tersebut, dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang berkualitas. 


Sebelumnya, Kepala Sub Bagian Umum BPS Tanah Datar Arieswaty, selaku ketua penyelenggara menyebutkan, Rakorda itu bertujuan untuk menguatkan koordinasi dan konsolidasi eksternal dan internal, dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pendataan Awal Regsosek. "Rapat diikuti oleh 14 Camat, 75 Wali Nagari, dan seluruh perwakilan OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Tanah Datar," terangnya. 


Usai pembukaan, rapat dilanjutkan dengan pemaparan materi dari 3 narasumber yaitu, Dr. Alfian Jamrah, M.Si, Kepala Baperlitbang Tanah Datar, dengan materi dukungan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Regsosek. Kemudian, H. Afrizon, S.Ag, Kadis Dinsos PPPA dengan materi, pemanfaaatan data sosial ekonomi untuk program perlindungan sosial.


Dan terakhir, Chardiman, S.S.T, M.M, Kepala BPS Tanah Datar dengan materi, kolaborasi bersama untuk Regsosek 2022. Sementara itu penyampaian materi dimoderatori oleh Kadis Kominfo Tanah Datar Drs. Yusrizal, MM. (F12)