Forum Anak Kec. Sipora Selatan Edukasi Perlindungan Anak -->

Iklan Atas

Forum Anak Kec. Sipora Selatan Edukasi Perlindungan Anak

Jumat, 09 September 2022
.


Mentawai, fajarsumbar.com - Forum Anak Kecamatan Sipora Selatan didampingi Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Mentawai, pembina forum anak dari unsur kecamatan Sipora Selatan, dan Yayasan Ruang Anak Dunia melaksanakan sosialisasi perlindungan anak di SMP Negeri 1 Sipora Kepulauan Mentawai pada 8 September 2022.


Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak DinSosP3A Mentawai, Yosepha Yeni Sapatundai melalui siaran pers yang diterima di Padang, Jumat bersyukur karena telah memfasilitasi pembentukan Forum Anak Kecamatan Sipora Selatan pada minggu lalu .


Ia melihat Forum Anak tersebut memiliki semangat menerapkan ilmu yang telah didapatkan untuk disampaikan kepada teman-teman mereka yang berada di sekolah.


Forum anak memiliki peranan sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak, maka kegiatan hari ini adalah bentuk kepeloporan pertama yang dapat mereka lakukan, katanya


Ia melihat antusias pengurus menyampaikan pesan-pesan hak anak kepada teman-teman mereka dan peserta didik lainnya


"Kami berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti disini saja, namun ke depan melalui pembinaan langsung dari unsur pemerintah daerah tingkat Kecamatan Sipora Selatan dapat melaksanakan kegiatan edukasi perlindungan anak secara berkelanjutan," katanya.


Menurutnya pesan-pesan perlindungan hak anak yang disampaikan oleh anak kepada anak-anak yang lainnya tentu akan cepat sampai dan mudah dimengerti sesama mereka.


Disamping itu, mereka juga belajar percaya diri untuk tampil berbicara di depan banyak orang, kata dia


Ia juga menghimbau jika menemukan dan mengetahui kasus kekerasan terhadap anak, jangan takut untuk melaporkan kepada Forum Anak Kecamatan, mempunyai akses langsung kepada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Mentawai


Sementara Ketua Forum Anak Kecamatan Sipora Selatan Christoforus Longing Ombaga mengakui kegiatan ini adalah pengalaman pertama untuk tampil di depan anak-anak Kecamatan Sipora Selatan yang ada di SMP 1 Sipora.


"Kami menyampaikan tentang hak-hak anak, bentuk kekerasan terhadap anak, dan mengajak teman-teman di SMP 1 Sipora untuk bergabung bersama forum anak dalam kegiatan perlindungan anak, ujarnya.


Ia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang telah membentuk forum anak kecamatan.


Dengan adanya forum anak kecamatan ini, kami bisa memahami dan terlibat sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak, katanya.


Masih banyak anak-anak di Kecamatan Sipora Selatan yang belum mengetahui hak-hak anak dan bentuk pencegahan kekerasan terhadap anak, maka ilmu yang telah kami dapatkan di Forum Anak akan kami bagikan kepada teman-teman di sekolah, puskesmas, dan disampaikan dalam pertemuan masyarakat di tingkat kecamatan, ujarnya lagi.(can)