Pelatihan Teknis Potensi Pertolongan di Permukaan Air Resmi Dibuka Pj. Bupati Mentawai -->

Pelatihan Teknis Potensi Pertolongan di Permukaan Air Resmi Dibuka Pj. Bupati Mentawai

Kamis, 22 September 2022
.


Mentawai, fajarsumbar.com - Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mentawai  menyelenggarakan Pelatihan Teknis Potensi Pertolongan Di Permukaan Air (Water Rescue). Pelatihan ini secara resmi di buka oleh Asisten II Kabupaten kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar atas nama Bupati Mentawai. Pelatihan diadakan Hotel Turonia, Tuapejat Km 5, Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kamis (22/09/2022).


Pelatihan dengan mengangkat tema “Melalui pelatihan teknis potensi pertolongan di permukaan air kita wujudkan kesiapsiagaan demi meningkatkan quick response SAR di wilayah kabupaten Kepulauan Mentawai”. Digelar selama enam hari dari tanggal 22 s/d 28 September 2022.


Dalam kata sambutan Bupati Mentawai yang dibacakan oleh Asisten II Bagian Perekonomian Lahmuddin Siregar. "Bupati mengapresiasi kinerja Basarnas Mentawai dalam merespon cepat semua kejadian kecelakaan, bencana dan kejadian yang membahayakan manusia di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. 


Keberadaan Basarnas diharapkan mampu meminimalisir bencana serta pembinaan potensi SAR sangat diperlukan guna meningkatkan kemampuan potensi SAR yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai.”


Dalam acara pembukaan pelatihan itu Kakansar Mentawai Akmal, S.Sos. mengungkapkan, "bahwa untuk pelatihan Rescue water kali ini yang diikuti sebanyak 50 orang, yang terdiri dari berbagai unsur TNI, Polri serta masyarakat. 20 orang berasal dari Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara. Tujuan pelatihan ini sebagai sarana tempat pelatihan bagi mereka warga Sikabaluan. Karena dalam waktu yang dekat ini di-Sikabaluan akan kita bentuk satu unit Pos SAR disana”, terang Akmal  Kakansar SAR Mentawai.


Akmalpun menambahkan, "Dengan pelatihan ini diharapkan para peserta pelatihan minimalnya dapat memberikan pertolongan pertama bila terjadi kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan manusia. Diharapkan peserta mampu meminimalisir dan merespon baik terhadap bencana. Untuk semua peserta, berlatih dengan sungguh-sungguh dan seraplah ilmu dengan sebaik-baiknya, sehingga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di lingkungan sekitar. Dan bagi intruktur, mentor serta panitia berikanlah yang terbaik selama berlangsungnya pelatihan ini,” pungkas Kakansar.


Acara pembukaan Pelatihan Teknis Potensi tersebut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kepulauan yang diwakili oleh Asisten II Lahmuddin Siregar, Kakansar Mentawai Akmal, Sos. Ketua DPRD kabupaten kepulauan Mentawai, Forkopimda, Perwakilan OPD dan peserta pelatihan. (Chan)