Pergeseran Tanah di Kampung Curug, BPBD Imbau Warga Direlokasi -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pergeseran Tanah di Kampung Curug, BPBD Imbau Warga Direlokasi

Kamis, 15 September 2022

 

Pergeseran tanah d Bogor.



BOGOR - Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakam Madang, Kabupaten Bogor mengalami pergeseran tanah. BPBD Kabupaten Bogor mengimbau warga direlokasi karena lokasi yang merupakan zona merah.  


"Untuk saat ini lebih pada disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi dari bukit sebelah atas, pengamatan kami sementara itu. Memang di daerah Bojong Koneng dan khususnya Babakan Madang ini termasuk zona merah dan pergerakan tanah," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko, Kamis (15/9/2022),sebagaimana dikutip iNews.id.


Tercatat sementara, ada 20 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak pergerakan tanah dan 117 KK dengan 589 jiwa terancam. Tak hanya itu, fasilitas umum seperti jalan dan musola juga rusak. "Jadi kalau kita amati sampai ke ujung, ini potensinya akan terisolir karena ini tidak ada jalan keluar dari sini," katanya.


Untuk saat ini pergerakan tanah masih terasa meski intensitasnya menuruh dibandingkan kemarin. Beberapa warga juga masih mengungsi karena khawatir terjadi pergerakan tanah yang besar. "Kita sediakan dua tenda BPBD, akan bertambah lagi tenda dan perlengkapan lainnya," tuturnya. Di samping itu, Aris menilai solusi terbaik untuk kampung tersebut yakni direlokasi. Apabila masih bertahan akan membahayakan warga. "Kalau melihat zonanya, lebih tepat direlokasi. Kalau rehabilitasi dikhawatirkan masih akan terjadi pergerakan lagi," tuturnya.(*)