Bupati Agam Resmikan Kampung English Balingka, Leonardy: Mari Kita Dukung Bersama Pengembangannya -->

Bupati Agam Resmikan Kampung English Balingka, Leonardy: Mari Kita Dukung Bersama Pengembangannya

Selasa, 18 Oktober 2022
.


Balingka - Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, MM, melaunching Kampung English di Jorong Pahambatan, Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto. Kampung English Balingka merupakan yang ke enam di Kabupaten Agam. 


"Sejak hari ini,  Kampung English di Jorong Pahambatan, Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto saya resmikan sebagai Kampung English ke enam di Kabupaten Agam. Biayanya akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Agam. Silakan sinkronkan programnya," ujar Bupati Andri Warman. 


Dikatakan Bupati, Kampung English yang sudah ada meliputi Lawang di Kecamatan Matur, Gadut Di Kecamatan Tilatang Kamang, Batu Palano di Kecamatan Sungai Puar, Manggopoh di Kecamatan Lubuk Basung, Biaro Gadang di Kecamatan Candung. 


"Saya selaku Bupati Agam sangat-sangat berterima kasih atas dukungan terhadap upaya Peningkatan SDM yang tengah kami lakukan baik formal maupun non formal. Tanpa ada perintah sudah ada Kampung English di Pahambatan," ujarnya. 


Tokoh masyarakat IV Koto Agam, H Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH pun menyambut baik program peningkatan Sumber Daya Manusia yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Agam. Dia pun mengapresiasi keberadaan Kampung English di Balingka. "Patut kita dorong bersama karena ini menunjang Agam sebagai destinasi wisata. Harusnya sudah hadir lebih lama, " tegas Ketua Badan Kehormatan DPD RI itu. 


Menurut Leonardy, kehadiran Kampung English ini akan membantu pengembangan wisata di Balingka khususnya dan Agam pada umumnya. Jika masyarakat bisa berinteraksi dengan para wisatawan asing dengan lebih baik, mereka bisa melayani para wisatawan yang berkunjung. Dengan cara ini transaksi jual beli pun bisa lebih banyak. 


Untuk itu, kata Leonardy lagi, upaya Walijorong Hajisman SE, MP harus diapresiasi. Sebab kemampuan Bahasa Inggrisnya yang kini ditularkan ke masyarakat membuat Bupati serta merta mau menjadikan Balingka sebagai Kampung English Keenam. Tidak perlu menunggu tahun 2023, lansung dimasukkan ke  dalam program pengembangan 5 Kampung English yang sudah ada. 


Bahkan Bupati memerintahkan lansung untuk mensinkronkan program dengan Staf Ahli Bupati Haryati dan Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Agam Hefriyon Baiquni. "Ini Artinya apa yang dilakukan Walijorong Pahambatan mendapatkan apresasi tersendiri dari Bapak Bupati. Harus kita syukuri dan kita dorong pengembangannya bersama," ungkapnya. 


Apalagi kata Leonardy, saat ini pengembangan wisata di Balingka sedang gencar dilakukan. Banyak warga yang membuat kebun strawberry. Dan ini menambah daya tarik kunjungan wisawatan ke Balingka. 


"Ini patut kita dukung pengembangannya. Pemerintah diharapkan dapat memperbaiki akses jalan ke kebun-kebun strawberry tersebut," tegasnya. 


Drs. Isra Dt. Bandaro., M. Pd selalu Ketua KAN Balingka mengungkapkan, "Ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Agam yaitu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Kami berterima kasih Bapak Bupati sudah mau meluangkan waktu untuk meresmikannya dan kami minta dukungan dan arahan dari niniak mamak, alim ulama dan tokoh masyarakat kita."


Isra juga mengungkapkan tentang pengembangan strawberry di Balingka. "Bahkan di perbukitan depan Kantor Camat IV Koto Agam akan dibuat Taman Raya Strawberry," ungkapnya. (yanto)