Hasil Timnas Brasil vs Serbia di Piala Dunia 2022: Richarlison Cetak Gol Akrobatik, Tim Samba Menang 2-0 -->

Hasil Timnas Brasil vs Serbia di Piala Dunia 2022: Richarlison Cetak Gol Akrobatik, Tim Samba Menang 2-0

Jumat, 25 November 2022

Selebrasi Richarlison usai cetak gol di laga Brasil vs Serbia.


DOHA – Tim Nasional (Timnas) Brasil mengawali Piala Dunia 2022 dengan sangat manis karena mampu menang 2-0 atas Serbia di laga penyisihan Grup G pada Jumat (25/11/2022) dini hari WIB. Dua gol kemenangan Brasil pun diciptakan oleh Richarlison.


Dengan kemenangan itu, Brasil berhasil memimpin klasemen sementara Grup G dengan koleksi tiga poin. Sementara Serbia menempati peringkat terbawah, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Jalannya Pertandingan


Babak Pertama


Pada menit keempat Raphina mencoba untuk memberikan umpan silang kepada rekannya dari sisi kanan pertahan Serbia, tetapi dengan sigap salah satu pemain bertahan Orlovi -julukan Timnas Serbia- berhasil menghalaunya. Brasil kembali mendapatkan peluang mencetak gol pada menit kesembilan, namun Neymar gagal mencetak gol usai mendapatkan penjagaan ketat.


Gawang Serbia hampir saja kemasukan gol pada menit ke-13 melalui tendangan sudut langsung dari Neymar, untungnya Vanja Milinkovic-Savic berhasil membloknnya. Pada menit ke-21 Casemiro mencoba melakukan tendangan jarak jauh untuk membawa Brasil unggul, tetapi dengan mudah kiper Serbia mengamankan bola tersebut.


Vinicius Jr mendapatkan umpan terobosan dari Thiago Silva pada menit ke-27, tetapi dengan sigap Vanja Milinkovic-Savic berhasil menggagalkan peluang tersebut dan membuat skor masih tetap imbang. Hingga memasuki menit ke-30 Serbia masih belum bisa keluar dari tekanan Brasil.


Sementara pada menit ke-35 Rapinha mendapatkan peluang bagus untuk membawa Brasil unggul, tetapi tendanganya masih terlalu lemah dan berhasil diamankan oleh Vanja Milinkovic-Savic. Meski mendominasi jalannya pertandingan, tetapi Canarinha -julukan Timnas Brasil- tak bisa mencetak gol.


Babak Kedua


Brasil langsung mendominasi jalannya pertandingan sejak menit awal babak kedua, tetapi Serbia mencoba keluar dari tekanan. Pada menit ke-46 Raphinha gagal memanfaatkan peluang untuk membawa Brasil unggul usai memanfaatkan kesalahan Nemanja Gudelj, tetapi dengan sigap kiper Serbia mengamankan gawangnya dari serangan penyerang milik Barcelona tersebut.


Pada menit ke-54 umpan silang dari Vinicius Jr gagal dimaksimalkan oleh Neymar, setelah tendangnya melebar ke sisi kiri gawang Serbia. Tendangan keras dari luar kotak penalti Alex Sandro pada menit ke-59 masih belum mampu membawa Brasil unggul, usai bola membentur mistar gawang.


Usaha Brasil untuk mencetak gol pun berhasil pada menit ke-62 sebuah tendangan keras dari Vinicius Jr dari sisi kiri masih bisa diblok oleh kiper Serbia, tetapi Richarlison berhasil memanfaatkan bola rebound tersebut untuk membuat negaranya memimpin. Sementara pada menit ke-67 Vinicius Jr gagal memaksimalkan peluang di depan gawang, setelah tendangnya melebar dari sasaran.


Serbia memiliki peluang bagus untuk menyamakan skor pada menit ke-69, tetapi sundulan Strahinja Pavlovic masih melambung tinggi. Alih-alih menyamakan skor, Serbia justru kembali kebobolan pada menit ke-73.


Sebuah umpan dari Vinicius Jr berhasil diterima oleh Richarlison dengan baik. Penyerang milik Tottenham Hotspur itu pun mencetak gol keduanya dengan aksi akrobatik.


Unggul dua gol membuat Brasil terus meningkatkan serangan dan membuat Serbia bermain lebih bertahan. Pada menit ke-80 tendangan dari luar kotak penalti yang dilakukan oleh Casemiro masih belum berhasil membawa Tim Samba menambah keunggulan, setelah bola membentur mistar atas gawang Serbia.


Pada menit ke-82 Vanja Milinkovic-Savic melakukan penyelamatan penting, setelah menepis tendangan Fred dari luar kotak penalti. Hingga babak kedua selesai, Serbia tak berhasil mencetak gol dan membuat Brasil meraih kemenangan.


Susunan Pemain Brasil vs Serbia:


Brasil (4-3-3): Alisson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro, Lucas Paqueta (Fred 75')., Casemiro, Raphinha (Gabriel Martinelli 87'), Neymar (Antony 79'), Vinicius Jr (Rodrygo (75'), Richarlison (Gabriel Jesus 79').


Cadangan: Fred, Weverton, Dani Alves, Eder Militão, Fabinho, Alex Telles, Bruno Guimaraes, Gabriel Jesus, Antony, Rodrygo, Everton Ribeiro, Ederson, Gleison Bremer, Pedro, Gabriel Martinelli.


Pelatih: Tite.


Serbia (3-4-3): Vanja Milinkovic-Savic; Milos Veljkovic, Nikola Milenkovic, Strahinja Pavlovic, Andrija Zivkovic (Nemanja Radonjic 57'), Sasa Lukic (Darko Lazovic 66'), Nemanja Gudelj (Ivan Ilic 57'), Filip Mladenovic (Dusan Vlahovic 66'), Sergej Milinkovic-Savic, Dusan Tadic, Aleksandar Mitrovic (Nemanja Maksimovic 83').


Cadangan: Marko Dmitrovic, Strahinja Erakovic, Nemanja Maksimovic, Nemanja Radonjic, Luka Jovic, Predrag Rajkovic, Stefan Mitrovic, Srđan Babic, Filip Kostic, Dusan Vlahovic, Uros Racic, Filip Duricic, Darko Lazovic, Ivan Ilic, Marko Grujic.


Pelatih: Dragan Stojkovic.