Pemkab Pasbar Gelar Upacara Peringatan HUT KORPRI ke-51 dan HUT PGRI ke-77 -->

Pemkab Pasbar Gelar Upacara Peringatan HUT KORPRI ke-51 dan HUT PGRI ke-77

Selasa, 29 November 2022
Bupati saat Pimpin Upacara Peringatan HUT Korpri dan PGRI 


Pasbar, fajarsumbar.com —


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-51 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77 dengan menggelar upacara di halaman kantor bupati setempat, Selasa (29/11).


Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan dihadiri oleh Forkopimda Pasaman Barat, Sekda sekaligus Ketua KORPRI Pasbar, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat se-Pasaman Barat, pengurus KORPRI dan PGRI serta anggota, dan stakeholder lainnya.


Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dalam amanatnya menyampaikan selamat ulang tahun kepada seluruh keluarga besar KORPRI dan tenaga pendidikan Kabupaten Pasaman Barat.


"Selamat HUT KORPRI ke-51 dan ulang tahun PGRI ke-77 kepada seluruh keluarga besar KORPRI dan tenaga pendidik di seluruh Kabupaten Pasaman Barat. Ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap keluarga besar KORPRI yang sedang mengemban tugas, tanggung jawab, serta pengabdian kepada bangsa dan negara di seluruh wilayah Kabupaten Pasaman Barat yang kita cintai ini,” ucap Bupati Hamsuardi.


Bupati Hamsuardi menghimbau seluruh anggota KORPRI Pasaman Barat untuk terus memotivasi diri dengan mengembangkan kemampuan sesuai kompetensi dan skill yang dimiliki. Menghimbau seluruh anggota KORPRI Pasaman Barat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) agar selalu meningkatkan mutu pelayanan, berkontribusi nyata dan berinovasi dalam menjalankan tugas, menanamkan jiwa yang bertanggungjawab dalam mengemban tugas dan amanat yang dititipkan serta meningkatkan kepedulian sosial kepada sesama.


“Sejalan dengan tema HUT KORPRI pada tahun ini ‘KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri’ KORPRI dituntut untuk bisa berinovasi, merespon perkembangan zaman yang semakin terdigitalisasi. ASN dan birokrasi di Pasaman Barat secara bertahap harus bisa bertransformasi menuju sistem digital, seluruh anggota KORPRI harus menjadi pionir untuk mewujudkan pemerintahan digital yaitu yang berbasis teknologi, terhubung dan terintegrasi satu dengan lainnya. Sehingga tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik menjadi efektif dan efisien,” ujar Hamsuardi.


Dalam amanatnya Bupati Hamsuardi juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh guru, pendidik, tenaga honorer yang mengisi kekosongan formasi guru dan mengajar sepenuh hati di sekolah.


“Tema HUT PGRI ke-77 tahun adalah ‘Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan: Indonesia Kuat, Indonesia Maju’. Dalam proses pendidikan, guru menjadi aktor utama yang memainkan peran penting pada berbagai episode pendidikan. Pada kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh guru, pendidik, tenaga kependidikan, khususnya para guru honorer yang mengisi kekosongan formasi guru dan mengajar sepenuh hati di sekolah tanpa dedikasi mereka, proses pembelajaran disekolah akan terhenti karena ketiadaan guru,” tegasnya. 


Dalam upacara tersebut Asisten 2 Joni Hendri bertugas sebagai pembaca teks pembukaan UUD 1945,  Kepala Badan Kesbangpol Devi Irawan sebagai pembaca Panca Prasetya KORPRI dan Ketua PGRI A. Maulana Lubis sebagai pembaca Ikrar Guru.


Di akhir acara Bupati Hamsuardi didampingi Forkopimda, Sekda dan kepala OPD lainnya melakukan penandatanganan naskah hibah dan pinjam pakai serta menyerahkan 3 unit kendaraan roda empat kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Pasaman Barat, Lapas Kelas III Talu dan SLB Negeri 1 Sungai Aur. Menyerahkan 5 unit ambulance kepada Puskesmas Ujung Gading, Puskesmas Sasak, Puskesmas Simpang Empat, Puskesmas Aia Gadang, dan Puskesmas VI Koto Selatan. Menyerahkan kendaraan Pusling Roda Dua kepada Puskesmas Air Bangis, Puskesmas Silaping, Puskesmas Sungai Aur, Puskesmas Ranah Salido dan Puskesmas VI Koto Selatan. Serta menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah tingkat SD dan SMP.


Selain itu, juga dilakukan penyerahan hadiah pemenang lomba yang digelar untuk memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-51 dan Hari Guru Nasional dan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022. Jd