TNI AL Evakuasi 250 Penumpang KM Mutiara Timur 1 ke Pelabuhan Banyuwangi -->

TNI AL Evakuasi 250 Penumpang KM Mutiara Timur 1 ke Pelabuhan Banyuwangi

Kamis, 17 November 2022


TNI AL mengevakuasi penumpang Kapal Motor (KM) Mutiara Timur 1 yang terbakar di Perairan Amed, Bali. 


JAKARTA - TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk mengevakuasi penumpang Kapal Motor (KM) Mutiara Timur 1 yang terbakar di Perairan Amed, Karangasem, Bali, Rabu (16/11/2022). Jumlah penumpang yang dievakuasi 250 orang. 


Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, KRI R.E Martadinata-331 untuk mengevakuasi penumpang dan KRIHasanudin-366 yang berada di sekitar KM Mutiara Timur 1 untuk mengawasi perkembangan situasi. Para penumpang dievakuasi ke Pelabuhan Banyuwangi oleh petugas TNI AL, sebagaimana dikutip iNews.id.


"TNI AL yang melaksanakan Pengamanan Laut meng-cover seluruh perairan Bali, untuk merespons segala kedaruratan yang utamanya mengarah pada gangguan terhadap pelaksanaan Presidensi KTT G20. Ini adalah salah satu keberhasilan tindakan dari Satgas yang cepat dalam merespon terjadinya musibah terbakarnya KM. Mutiara 01 di selat Bali ini," kata Yudo melalui keterangan tertulisnya, Kamis (17/11/2022). 


Sebagai informasi, Kapal Motor (KM) Mutiara Timur 1 terbakar di Perairan Amed, Karangasem, Bali, Rabu (16/11/2022) sekira pukul 15.00 WITA. Kepala Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan, proses evakuasi terus dilakukan. 


Kapal penumpang yang dioperasikan oleh perusahaan pelayaran Atosim Lampung Pelayaran (ALP) terbakar dalam pelayaran dari Ketapang, Banyuwangi menuju Lembar, Mataram. 


“Ini evakuasi sedang berlangsung, dan di lokasi sudah ada tim SAR dan 2 unit RIB untuk melakukan evakuasi korban,” kata Gede Darmada. (*)