Membawa Motivasi dan Semangat Belajar, Camat Mirwan Karni Menjadi Pembina Upacara Bendera di SDN 20 Aur Malintang -->

Membawa Motivasi dan Semangat Belajar, Camat Mirwan Karni Menjadi Pembina Upacara Bendera di SDN 20 Aur Malintang

Senin, 12 Desember 2022
Camat IV Koto Aur Malintang Mirwan Karni menjadi Pembina Upacara Bendera hari Senin di SDN 20 IV Aur Malintang (foto.dok.dt)


Aur Malintang
- Walaupun Sekolah Dasar Negeri (SDN) ini berada jauh di pelosok desa, kami tetap berikhtiar dan berupaya memberikan yang terbaik untuk peserta anak didik disini. Kami secara bersama-sama yang diamanahi sebagai tenaga pendidik di SDN 20 Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Padang Pariaman, telah berkomitmen untuk melaksanakan pekerjaan sebaik mungkin secara bertahap.


Hal demikian dikemukakan Kepala SDN 20 Kecamatan IV Koto Aur Malintang Endri, S.Ag Datuk Rangkayo Tan Pahlawan ketika bincang-bincang dengan fajarsumbar.com, Senin (12/12/22), sehubungan untuk memacu peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah yang dipimpinnya.


Untuk mencapai peningkatan mutu lulusan dari SDN 20 ini, kata Endri, tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Tentu butuh proses yang akan dilalui. Setidaknya, ada komitmen bersama dari majelis guru dan tenaga kependidikan, serta orang tua murid melalui Komite Sekolah.


"Setelah ada komitmen bersama, maka dirancang dengan membuat program kerja yang bisa terlaksana secara baik dan bijak. Juga dukungan dari Komite Sekolah bersama Pemerintahan Nagari disini" sebut Endri yang mengaku juga sebagai Plt Kepala SDN 14 dikarenakan Kepala SDN sebelumnya telah pensiun.


Ia menuturkan, kita membawa misi dengan konsep Sekolah ramah mendidik, tegas melaksakan disiplin dan unggul dalam akademik. Untuk mengembangkan konsep demikian, tentu Sekolah Ramah Anak Bernuansa Surau.


"Artinya Surau itu Senyum Ukhuwah dengan Ramah yang Agamis dan Unggul. Yakni SD plus TPA bahwa anak didik atau siswa membaca dan menghafal Al-Qur'an yang disetor kepada guru kelasnya masing-masing, melaksanakan shalat Dhuha dan shalat Zuhur berjama'ah, praktek shalat jenazah, dan Kultum setiap pagi Jum'at serta membudayakan berinfak" ungkap Endri yang juga mengaku Ketua Bamus Nagari Garagahan Kecamatan Lubuak Basuang ini.


Kesemua program unggulan keagamaan ini, ucap Endri, juga kita bekerjasama dengan Guru-Guru mengaji dari Surau dan Mushalla disini. Hal demikian, dalam rangka membentuk pendidikan karakter Siswa sebagaimana yang dicanangkan Pemerintah Daerah Padang Pariaman melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.


Endri menyebutkan, secara bertahap telah dilaksanakan dengan perlahan dan pasti. Disamping itu, kita juga terus menggenjot pembelajaran kepada teman-teman guru kelas. Sehingga tamatan dari SDN 20 Kecamatan Aur Malintang ini, lebih baik dan lebih bermutu lagi nantinya.


Juga untuk menggenjot dan memotivasi siswa-siswi disini, ujar Endri yang menjadi Kepala SD pada awal tahun 2022 ini, telah datang dan hadir Camat IV Koto Aur Malintang Mirwan Karni sebagai Pembina Upacara Bendera hari Senin belum lama ini.


"Alhamdulillah, atas kedatangan dan kehadiran Camat Mirwan Karni menjadi Upacara Bendera ini, telah membawa angin segar dan sitawa sidingin kepada Majelis Guru dan Siswa agar bersemangat dalam belajar meraih cita-citanya" kata Endri terharu yang terlihat matanya berkaca-kaca.


Untuk memajukan suatu lembaga, memang diperlukan do'a, sabar dan dukungan dari kesemua pihak dalam melaksanakannya. Kami akan berupaya memberikan yang terbaik untuk SDN 20 ini, walaupun kami berada di pelosok demi memajukan anak-anak didik tersayang, ucap Endri yang juga salah seorang pendakwah kondang di Lubuak Basuang Agam ini mengakhiri. (co).