Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 Diperingati di Tanah Datar -->

Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 Diperingati di Tanah Datar

Senin, 19 Desember 2022

Peringatan Hari Bela Negara di Tanah Datar, Senin (19/12) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022, di Lapangan Bola Kaki Kubang, Nagari Lubuk Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara, Senin (19/12/22).


Bersamaan dengan itu juga diperingati, Hari Kesetiakawanan Sosial yang jatuh pada tanggal 20 Desember 2022 dan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2022, sekaligus dibacakan sejarah dan makna peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember di Indonesia. 


Upacara tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Iqbal Ramadi Payana mewakili Bupati Tanah Datar, serta dihadiri jajaran Forkopimda dan diikuti oleh perwakilan ASN, TNI, Polri, Siswa SD hingga SMA sederajat dan lainnya.


Dalam amanatnya, Sekda Iqbal menyampaikan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), tentang Peringatan Hari Bela Negara ke-74 tahun 2022 dengan tema "Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku".


Disampaikan Sekda, melalui peringatan ini, meneguhkan niat seluruh lapisan masyarakat, bahwa membela negara adalah upaya bersama, yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa.


"Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara. Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan, dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing, serta memiliki kesadaran Bela Negara," ujar Sekda. 


Selain itu, Sekda juga menyebut Bela Negara adalah sikap, perilaku dan tindakan warga negara, baik secara perorangan maupun kolektif, dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara, yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban, dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.


Kemudian, sampai Iqbal, bahwa nilai dasar Bela Negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan kemampuan awal Bela Negara. 


"Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan maupun lingkungan masyarakat pada umumnya," ungkapnya. 


Sekda tambahkan, pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 ini, Saya mengajak seluruh komponen bangsa, untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab, sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara. 


"Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua, untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai," pungkas Sekda. (F12) 


.