Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Imbau Kepala Sekolah Tingkatkan Kewaspadaan -->

Iklan Atas

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Imbau Kepala Sekolah Tingkatkan Kewaspadaan

Senin, 30 Januari 2023
Siswa di salah satu sekolah di Payakumbuh


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Warga Payakumbuh sempat heboh dengan adanya kabar insiden kasus dugaan percobaan pencurian anak di salah satu sekolah dasar di Kota Payakumbuh.


Sebagaimana diterangkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, H. Dasril saat dikomfirmasi fajarsumbar, Senin (30/01/2023) malam.


"Ya, sore tadi ada laporan dari kepala sekolah salah satu SD terkait insiden percobaan mengajak salah seorang anak siswa kelas 4 sepulang sekolah oleh sesorang pakai masker yang menawari untuk diantar pulang. Dan anak itu menolak karena sempat menanyai orang tersebut nama ayahnya, tapi orang itu tidak tahu, dan anak itu lari kembali  masuk ke pekarangan sekolah dan menceritakan pada teman-temannya. Kata  kepsek tersebut kepada kami. Beruntungnya pelaku tak berhasil menjalankan aksinya,"terang Dasril.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh DR. Dasril menegaskan akan mengambil langkah cepat dengan bersinergi dan berkoordinasi dengan instansi terkait guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada orang tua, anak, dan guru. Dinas Pendidikan akan berkoordinasi terkait langkah-langkah yang dapat dilakukan bersama, dan juga akan minta arahan Pj.Wali Kota Rida Ananda terkait ini.


Selanjutnya, ulas Dasril. "Saya sempat ingatkan kepala sekolah TK, SD dan SMP di group WA Kepsek, agar meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap anak didik. Baik saat datang, saat di sekolah dan saat pulang dari sekolah. Serta agar meningkatkan komunikasi yang baik antara guru, siswa serta walimurid,"pesannya.


"Dan Dinas Pendidikan segera mengeluarkan himbauan agar setiap kepala sekolah melakukan-langkah-langkah pengamanan anak didiknya. Disamping itu kami juga berharap orantua siswa harus miliki kontak person guru kelas, kepsek ataupun petugas keamanan sekolah untuk berkomunikasi secara cepat dengan pihak sekolah,"pungkas Dasril.


Sementara, di WAG wali murid kelas V SDN 10 Payakumbuh, Kepala sekolah tampak menukilkan himbauan kepada orangtua, sebagai berikut Kami himbau wali murid agar berhati-hati kepada kita yang mempunyai anak. Agar berhati-hati dan waspada dalam menjaga anaknya. 


"Kalau anaknya sepulang sekolah ini, ada orang lain yang menawari anak diantar pulang dengan suruhan orang tua si anak. Atau diiming-imingi / diberi permen. Jagan mau. Untuk itu, mohon kepada bapak/Ibu untuk menginformasikan ke dalam group kelas, atau berpesan kepada seluruh anak-anak kita untuk berhati-hati. Demikian untuk kita semua,"tulis kepala sekolah di WAG.(ul)