Bupati Suhatri Bur Kukuhkan Pengurus FK-LPQ Pd.Pariaman -->

Iklan Atas

Bupati Suhatri Bur Kukuhkan Pengurus FK-LPQ Pd.Pariaman

Rabu, 15 Februari 2023
Pengukuhan Forum Komunikasi Lembaga Pendidikan al-Quran (FK-LPQ) Padang Pariaman di Aula Kantor Bupati, Rabu 15 Februari 2023 (foto.dok.shen) 


Parit Malintang
- Bupati Suhatri Bur mengukuhkan pengurus Forum Komunikasi Lembaga Pendidikan al-Qur’an (FK-LPQ) Kabupaten Padang Pariaman periode 2023-2028, di Hall IKK Kantor Bupati, Rabu (15/02/23). 


Pengukuhan Pengurus FK-LPQ Kabupaten Padang Pariaman ini, juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Padang Pariaman diwakili Kasubbag TU, Mukhlis, M.Ag. dan Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, H.Suhendrizal, MA dan Asisten Setwilda Padang Pariaman dan beberapa Kepala OPD.


Dalam amanatnya, Bupati Suhatri Bur menegaskan untuk memahami ajaran Islam secara sempurna (kaffah) diperlukan pemahaman terhadap kandungan al-Quran.


"Oleh karena itu, kata Bupati Suhatri Bur, maka pendidikan al-Qur’an tidak sekedar pada belajar membaca dan menghafal al-Qur’an, tetapi mesti ditingkatkan ke level berikutnya, yaitu belajar memahami" harap dia.


Sehingga mampu mengamalkannya dengan baik sesuai dengan pesan ilahiyah dalam kehidupan sehari-hari, juga mengedukssi pada pergaulan tatanan ditengah-tengah masyarakat, harap Bupati Padang Pariaman itu.


Sementara itu, Kasubbag TU, Mukhlis, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan,.apresiasi yang tinggi kepada para inisiator dan pengurus yang telah dikukuhkan ini.


Kata Mukhlis, instasi Kemenag ikut bertanggung jawb sebagai bentuk pembinaan terhadap lembaga pendidikan al-Quran di Padang Pariaman, maka seluruh Lembaga Pendidikan al-Quran yang ada di daerah ini, mesti berada dalam suatu wadah atau naungan yang memayungi lembaga tersebut secara nyata.


"Untuk itu, kepada Pengurus FK-LPQ yang telah dikukuhkan kiranya melakukan rapat koordinasi dengan merancang program kerja nyata. Keberhasilan dan kesuksesan Forum yang baru ini, akan menjadi motivasi dan semangat juang dalam memajukan pendidikan al-Qur'an di Padang Pariaman" mintanya.


Sebelumnya, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Pekadin Pontren) Kemenag Padang Pariaman H.Suhendrizal, MA melaporkan, FK-LPQ merupakan bentukan seluruh pimpinan Lembaga Pendidikan al-Qur’an yang ada di Padang Pariaman. Itupun berdasarkan arahan dan diskusi mereka dengan kami Kasi Pekadin Pontren.


"Dengan adanya terbentuk Forum ini, maka segala persolan tata kelola lembaga pendidikan al-Qur’an, bisa kita carikan solusinya melalui dialog dan diskusi yang bernas pada FK-LPQ. Pun, jangan salah pula menilai, FK-LPQ bukan tandingan dari LPTQ. Tetapi memperkuat basic pendidikan Al-Qur'an di daerah ini" tegas Suhendrizal yang pernah Kasi PAI yang menggetarkan guru agama di Padang Pariaman. 


Menurut dia, kebijakan Kementerian Agama dalam mengembangkan pendidikan Islam mencakup tiga aspek. Yakni, perluasan akses, peningkatan mutu dan daya saing, serta tata kelola pendidikan al-Qur’an.


Maksud dari perluasan akses itu, jelas Suhendrizal, ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat terhadap pendidikan al-Qur’an. Sedangkan, peningkatan mutu dan daya saing merupakan hal serius meningkatkan kualitas pendidikan al-Qur’an. Sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.


Disamping itu, tentang dalam tata kelola pendidikan al-Qur’an itu, berkaitan dengan penataan kelembagaan, manajemen dan regulasi pendidikan al-Qur’an. 


"Jadi, melalui FK-LPQ Padang Pariaman ini, segala kebijakan Kementerian Agama dalam pengembangan pendidikan al-Qur’an bisa diarahkan dan dikawal secara bijak dengan baik. Insya allah" sebut Suhendrizal menyemangati Pengurus FK-LPQ yang baru telah dikukuhkan ini.


Pengurus FK-LPQ Padang Pariaman priode 2023-2028 yang dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Padang Pariaman ini, adalah Pengarah Muhammad Amin, sebagai Ketua Erianto Tk.Sutan, Wakil Ketua Defriandi Tk.Imam. Sedangkan Sekretaris Hendri Yanto dan Wakil Sekretaris Rangga Putra Tk.Bagindo Nan Alim. Dan Bendahara Zulheni,


Untuk memperkuat organisasi pendidikan keagamaan al-Quran ini, juga dilengkapi 3 (tiga) Bidang. Yakni Koordinator Bidang Pendidikan dipegang Meri Nofita beranggotakan 5 orang, dan Koordinator Bidang Organisasi dipegang Eldarifai dengan anggot 6 orang, sedangkan Koordinator Bidang Informasi dipegang Damril Tk.Sutan Mangkuto dengan anggota 5 orang.(shen/saco)