Musrenbang Kecamatan Sungai Tarab Prioritaskan Pembangunan Fisik -->

Iklan Atas

Musrenbang Kecamatan Sungai Tarab Prioritaskan Pembangunan Fisik

Kamis, 16 Februari 2023

Suasana Musrenbang Kecamatan Sungai Tarab

 

Tanah datar, fajarsumbar.com - Mantapkan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD), Kecamatan Sungai Tarab melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun 2024, yang berlangsung di Aula Kantor Camat setempat, Kamis (16/02/23).


Kegiatan Musrenbang tersebut dibuka dan dipimpin langsung Camat Sungai Tarab Arianto.S.STP, yang dihadiri Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Ekobang Abdul Hakim, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Anggota DPRD Tanah Datar, Azwar Rabain, Nurhamdi Zahari, dan Beni Apero, Ketua Tim Musrembang Kabupaten DR. Alfian Jamrah, OPD terkait, Forkopimca Sungai Tarab, Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Tarab, dan undangan lainnya.


Camat Arianto sampaikan, Musrenbang kecamatan adalah hasil kesepakatan dari pra Musrembang kecamatan, yang memprioritaskan hasil dari 10 nagari yang ada di Kecamatan Sungai Tarab. Dan dalam beberapa yang diprioritaskan, kami juga memprioritaskan pembangunan rehab kantor camat yang telah dimakan usia, atapnya sudah banyak bocor. 


"Masalah Program unggulan (Progul) Kabupaten Tanah Datar, masyarakat Sungai Tarab sangat mendukung, apalagi seperti Progul Bajak Gratis masyarakat sangat mendukung, karena Sungai Tarab didukung lahan sawah terluas di Tanah Datar," sampai Camat Arianto. 


Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra dalam arahannya sampaikan, hari ini adalah hari terakhir Musrenbang tingkat Kecamatan, dan masalah yang disampaikan oleh Camat tadi tentang kantor camat yang butuh direnovasi.


"Memang, sudah berapa kali Musrenbang diadakan, tapi usulan itu belum juga terealisasikan. Sebenarnya, melihat kondisi saat ini sangat butuh sekali untuk direnovasi, apalagi ruangan atau aula pertemuan yang kecil, kalah dengan ruangan kantor nagari yang begitu besar," ujar Anton Yondra. 


Anton tambahkan, mudah-mudahan untuk Pemilu 2024 nanti, semoga pembiayaan Pemilu tidak ada dianggarkan dari daerah. Jika daerah ikut menganggarkan, otomatis pembangunan fisik 2024 akan terkendala.

  

Sedangkan Asisten Ekobang Abdul Hakim dalam sambutannya mengharapkan, seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir, untuk memberikan sumbangan pemikiran, karena melalui forum Musrenbang kecamatan ini, dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat. 


"Musrenbang kecamatan tahun ini merupakan Musrembang tahun kedua yang kami hadiri, melalui forum ini kami minta kepada seluruh unsur masyarakat, untuk berperan aktif mendukung dan bekerjasama mewujudkan visi dan misi yang telah kita susun, yaitu terwujudnya kabupaten Tanah Datar Madani berlandaskan Adat Basandi Sara', Sara' Basandi Kitabullah (ABS SBK)," sebut Abdul Hakim. 


Selanjutnya kata Abdul Hakim, berpedoman pada 10 program unggulan Kabupaten Tanah Datar, kami telah merumuskan tema perencanaan pembangunan kabupaten Tanah Datar untuk tahun 2024. "Perencanaan tersebut yakni, peningkatan perekonomian daerah dan kualitas pelayanan publik melalui program unggulan daerah," tutupnya. (F12)