Sekda Iqbal : Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri Cegah Anemia dan Stunting -->

Iklan Atas

Sekda Iqbal : Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri Cegah Anemia dan Stunting

Jumat, 10 Maret 2023

Sekda Tanah Datar memukul gong tanda dimulainya pencanangan TTD bagi remaja putri, di lapangan bola kaki Lima Kaum, Jum'at (10/3) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar canangkan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD), bagi remaja putri dalam rangka pencegahan Anemia dan Stunting. Pencanangan TTD dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Iqbal Ramadi Payana yang mewakili Bupati Tanah Datar, yang dilaksanakan di lapangan bola kaki Lima Kaum, Jum'at (10/3/2023).


Turut hadir Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Armen Yudi, Perwakilan Forkopimda, Camat Lima Kaum beserta Forkopimca, dan para remaja putri.


Sekda mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi dengan terselenggaranya kegiatan TTD, sebagai peranserta dan kepedulian bersama, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanah Datar, terutama dalam pencegahan Stunting. "Kegiatan pencanangan TTD terdiri dari kegiatan fisik berupa senam pagi bersama, sarapan bersama, dan minum tablet tambah darah bersama," katanya. 


Iqbal menjelaskan, berdasarkan profil kesehatan Indonesia tahun 2021, cakupan pemberian TTD putri di Indonesia adalah 31,3 persen, sedangkan di Provinsi Sumbar baru diangka 11,5 persen, dan Kabupaten Tanah Datar berada di angka 31,7 persen. "Maka perlu dilakukan gerakan bersama, untuk meningkatkan kepatuhan terhadap konsumsi TTD bagi remaja putri," jelasnya.


Sekda melanjutkan, saat ini Pemkab Tanah Datar telah membuat surat edaran, terkait minum TTD bagi remaja putri yang dilaksanakan setiap hari Jum'at di sekolah. Selain itu pemberian TTD bagi remaja putri juga didukung dengan Surat Komitmen Bersama (SKB) empat Kementerian. 


"Kita harus bekerjasama dan saling berkoordinasi, pihak sekolah beserta jajaran mari kita dukung kegiatan ini, demi generasi penerus yang sehat dan cerdas. Dan berharap kegiatan ini berkesinambungan dilakukan setiap minggunya," pungkas Sekda.


Sebelumnya, Kadis Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita Zedrianis menyampaikan, dasar pelaksanaan TTD bagi remaja putri adalah tentang percepatan penurunan stunting.


Yesrita jelaskan, penurunan Stunting dimulai dari 1000 pertama hari kehidupan, juga dimulai dari anak remaja putri dengan melakukan TTD. "Untuk remaja putri kita berikan satu TTD dalam seminggu," katanya. (F12)