Warga Tanah Hitam Dilatih Merangkai Papan Bunga -->

Iklan Atas

Warga Tanah Hitam Dilatih Merangkai Papan Bunga

Senin, 06 Maret 2023

 

Pelatihan merngkai papan bunga bagi warga Tanah Hitam Padang Panjang.

Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Di Keluhan Tanah Hitam, Padang Panjang ada pelatihan merngkai papan bunga diikuti36 peserta, Senin (6/3). Pelatinan berlangsung selama tiga hari. 


Pelatihan digagas pihak kelurahan dan dibuka Camat Padang Panjang Barat, Fiori Agustian, S.IP. 


Pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan rembuk masyarakat pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022.


Nnarasumber berasal dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, dosen Program Studi Desain Produk, Rahmat Washinton.


Fiori Agustian menyampaikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan. Dia berharap peserta pelatihan bisa mengikuti secara serius sehingga pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh bisa dikembangkan menjadi peluang usaha.


“Kami berharap pelatihan ini bisa berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Peluang usaha papan bunga memiliki potensi bila dijalankan dengan serius,” ujarnya.


Lurah Tanah Hitam, Wetriko S.Sos mengatakan, lewat 36 peserta yang mengikuti pelatihan ini pihak kelurahan mendorong terbentuknya beberapa kelompok usaha. 


“Kita berupaya bisa terbentuk beberapa kelompok usaha. Kalau bisa, lebih dari tiga kelompok usaha. Untuk permodalannya, kita akan coba menggandeng Baznas Kota Padang Panjang,” sebutnya. 


Rahmat Washinton menuturkan, peserta diajarkan dari proses dasar. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok.


“Kita ajarkan dari dasar membuat karangan bunga. Dari membuat kerangka papan, pola membuat huruf, background, dan hal lainnya. Pengaplikasiannya saat ini pada ukuran 120 cm x 240 cm,” ujarnya. (syam)