Wako Tutup Pesantren Ramadhan 1444 H/2023 M -->

Iklan Atas

Wako Tutup Pesantren Ramadhan 1444 H/2023 M

Selasa, 18 April 2023
.


Padang - Wali Kota Padang Hendri Septa secara resmi menutup pelaksanaan Pesantren Ramaan 1444 H/2023 di Masjid Istighfar Simpang Tigo Korong Gadang, Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Selasa (18/4/2023) malam.


Dalam sambutan dan arahannya Wali Kota Padang menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya secara baik Pesantren Ramadan yang diikuti murid SD, SMP dan SMA sederajat di Kota Padang tahun ini.


"Termasuk salah satunya pelaksanaan Pesantren Ramadan di Masjid Istighfar Simpang Tigo Korong Gadang ini. Pesertanya terlihat cukup banyak dan sangat antusias mengikutinya. Jadi inilah harapan kita," ungkap Wali Kota yang disambut antusias hadirin dan 175 orang peserta Pesantren Ramaan saat itu.


Ia menambahkan, adapun tema yang diangkatkan pada Pesantren Ramadan tahun ini adalah "Melalui Pesantren Ramadan, Ikhtiar Mewujudkan Generasi Kota Padang yang Berakhlak".


"Pesantren Ramadan adalah program khusus dari kita (Pemko Padang) dalam membentuk generasi muda Kota Padang yang qurani, berkarakter dan berakhlak mulia. Selama pelaksanaannya anak-anak ditempa ilmu agama begitu pula kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Sehingga diharapkan terwujudnya generasi muda Kota Padang yang qurani, cerdas dan berakhlak mulia," harap Wali Kota.


.


Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu mengapresiasi atas dukungan dan dorongan dari semua pihak demi terselenggaranya Pesantren Ramadan secara baik dan sukses di Kota Padang. Baik dari pengurus masjid, para guru, instruktur serta elemen masyarakat dan terutama dari orang tua murid di rumah. 


"Semua ini adalah untuk kita juga, karena anak-anak para generasi muda saat ini adalah calon pemimpin bangsa ke depan. Maka itu mereka perlu dibekali dengan ilmu agama yang kuat di samping ilmu pengetahuan lainnya," pungkas Wako Hendri Septa yang juga memberikan bantuan hadiah utama berupa satu unit sepeda saat itu.


Seperti diketahui, terkait pelaksanaan Pesantren Ramadan tahun 1444 H/2023 dilakukan pada 1.394 masjid dan musala se-Kota Padang yang berlangsung sejak 25 Maret hingga penutupan 18 April 2023.


Kegiatan rutin tahunan setiap bulan Ramadan ini diikuti peserta didik tingkat SD/MI kelas 4 hingga kelas 6 sebanyak 45.783 orang dan di tingkat SMP/MTs berjumlah 43.676 orang. 


Untuk pelaksanaan tahun ini peserta didik tingkat SMA sederajat kembali dibolehkan mengikuti kegiatan keagamaan tersebut di masjid/musala terdekat dari rumahnya.


Dalam kesempatan itu hadir Kabag Prokopim Setda Kota Padang Amrizal Rengganis, Ketua KAN Pauh IX Kuranji Suardi Dt Rajo Bujang serta tokoh masyarakat Kuranji Riyasil Indro dan Pengurus Masjid Istighfar Simpang Tigo Korong Gadang.

 

Selain itu Panitia Dan Instruktur Pesantren Ramadhan juga terlihat para panitia dan instruktur Pesanten Ramadan di masjid setempat.(*)