Demo Ribuan Buruh Bikin Jalan Utama Kota Surabaya Macet -->

Iklan Atas

Demo Ribuan Buruh Bikin Jalan Utama Kota Surabaya Macet

Senin, 01 Mei 2023

Demo ribuan buruh di Surabaya bikin jalan utama macet.



Surabaya- Demo ribuan buruh di Kota Surabaya membuat sejumlah jalan utama macet, Senin (1/5/203). Kemacetan terjadi setelah ribuan buruh menggelar konvoi di beberapa titik.  


Kepadatan lalu lintas akibat demo buruh itu sudah terlihat sejak di Bundaran Waru, Jalan A Yani, Jalan Diponegoro, Jalan Darmo sampai di sekitaran Jalan Bubutan. Para buruh memakai roda dua dan mobil bak terbuka dengan sound system lengkap.


Pada peringatan Hari Buruh Sedunia hari ini setidaknya ada 20.000 peserta aksi yang tergabung dari kelompok serikat pekerja yang berencana mendatangi Kantor Gubernur Jawa Timur (Jatim) di Jalan Pahlawan, Surabaya,sebagaimana dikutip iNews.id.


"Tolak...tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja!" teriak para buruh dari atas mobil.  


Di sepanjang perjalanan, mereka meneriakan pengesahan UU PPRT, (Perlindungan Pekerja Rumah Tangga), reforma agraria dan kedaulautan pangan. Konvoi para buruh membuat kemacetan di akses pintu masuk Surabaya dari Arah Sidoarjo, Gresik maupun Mojokerto.  Konvoi juga terjadi di sekitaran kawasan Rungkut Industri, Margomulyo serta di Jalan Banyuurip. Mereka memiliki berbagai titik kumpul seperti di depan Dishub Jatim maupun di dekat kawasan Rungkut Industri.(*)