Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Hampir Selesai, Tidak Ada Alasan untuk Menunda Pembangunan -->

Iklan Atas

Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Hampir Selesai, Tidak Ada Alasan untuk Menunda Pembangunan

Selasa, 23 Mei 2023
.


Padang, fajarsumbar.com - Project Director Hutama Karya, Sri Hastuti Hardiningsih, menyatakan bahwa lahan yang dibutuhkan untuk konstruksi jalan Tol Padang-Pekanbaru, khususnya seksi Padang-Sicincin, siap untuk dikerjakan. 


Hingga saat ini, sudah 95,01% lahan pada rute Padang Sicincin telah dibebaskan dari 1.622 bidang tanah. Tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan pembangunan.


Ketua Tim Percepatan jalan tol Padang Sicincin, Syafrizal Ucok, mengakui masih ada beberapa kendala di lapangan, seperti pemilik lahan yang tidak tinggal di lokasi, sengketa lahan dalam keluarga, dan pemilik lahan yang tinggal di luar daerah. 


Tugas Tim Percepatan adalah memfasilitasi, mempertemukan para pihak, dan mendorong percepatan penyelesaian masalah serta pemberkasan. 


Dalam pertemuan dan rapat-rapat Tim Percepatan, semua kendala dicari solusinya dan ditentukan batas waktu penyelesaiannya, sehingga setiap bulan terdapat kemajuan dalam pembebasan lahan.


Tim Percepatan juga membantu masyarakat dalam menyiapkan dokumen lahan, membuat surat pernyataan, dan membantu pemilik lahan dalam membuat Surat Alas Hak dari tanah milik adat. 


Hal ini penting sebagai syarat untuk pencairan uang ganti kerugian (UGK). Namun, ada kendala dalam bermusyawarah antara pemilik lahan dengan Mamak Kepala Waris dan dalam mempertemukan pemilik lahan dengan Ketua KAN dan Wali Nagari, terutama terkait pemahaman dan keterbatasan waktu.


"Insya Allah, saat ini pembebasan tanah untuk rute Padang - Sicincin dapat dianggap selesai. Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menerima cara penyelesaian yang kami lakukan," kata Ucok. (ab)