Nenek 90 Tahun Tewas Terbakar Bersama Rumah Semi Permanen -->

Iklan Atas

Nenek 90 Tahun Tewas Terbakar Bersama Rumah Semi Permanen

Kamis, 04 Mei 2023

Rumah semi permanen yang terbakar di Nagari Kumango, Sungai Tarab, Rabu (3/5) pukul 22.30 wib


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Peristiwa kebakaran kembali terjadi setelah lebaran Idul Fitri, satu unit rumah semi permanen ludes dimamah si jago merah. Si pemilik rumah seorang nenek berusia 90 tahun, ikut terbakar dan meninggal dunia di tempat kejadian. Kejadiannya di Jorong Kumango Selatan, Nagari Kumango, Kecamatan Sungai Tarab, Rabu (3 Mei 2023), sekira pukul 22.40 Wib. 


Kasat Pol PP & Damkar Tanah Datar melalui analisa kebakaran Fauzi Arifin sampaikan, telah dilaksanakan operasional pemadaman kebakaran 1 unit rumah semi permanen berbentuk huruf L ukuran 15 x 6 meter dan 6 x 9 meter. Sedangkan korban jiwa 1 orang dengan nama Syamsimar (90). 


Fauzi terangkan, pada saat terjadi peristiwa kebakaran, korban sempat dibantu oleh cucu beliau bernama Zal, mamun karena kejadian yang cukup cepat dan api yang sangat besar, usaha Zal terhenti saat sudah sampai di jendela, dan korban tertinggal di dalam rumah. Sementara Zal mengalami luka bakar pada bagian tangan, sulitnya Zal membantu, karena api yang cukup besar dan korban dalam keadaan lumpuh.


Sehari-hari korban Syamsimar tinggal di rumah dibantu oleh Zal dan Ardi (cucu beliau). Namun kalau malam, Ardi pulang kerumah istrinya di Pasie Laweh, sedangkan Zal pada saat kejadian ada di warung, sehingga kesulitan untuk menyelamatkan korban.


"Asal api sendiri masih dalam penyelidikan pihak berwajib, karena masyarakat sekitar lokasi langsung melihat api langsung besar di TKP, disamping itu kondisi rumah semi permanen yang sudah berusia tua sehingga sangat mudah di makan api," sampai Fauzi. 


Sementara itu, kerugian diperkirakan kurang lebih Rp.250 juta, dan juga ikut terbakar 2 unit sepeda motor, masing - masing 1 unit merek Supra keluaran tahun 2004, dan Yamaha Vega R tahun 2005.


Pemadaman dilaksanakan dengan menurunkan 3 unit armada Damkar dari Posko Batusangkar dan Posdam Salimpaung, dengan personil keseluruhan berjumlah 18 orang. (F12)