Warga Rutan Padang Panjang Dibekali Agama dan Keterampilan -->

Iklan Atas

Warga Rutan Padang Panjang Dibekali Agama dan Keterampilan

Jumat, 05 Mei 2023
Kegiatan keagamaan di Rumah Tahanan Padang Pannjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com Meski berstatus sebagai rumah tahanan, Rutan Padang Panjang tidak hanya menjalankan tusi perawatan untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) namun juga menjalankan fungsi pembinaan  sebagai bekal kembali ke tengah masyarakat. Selama menjalani masa hukuman di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Padang Panjang, warga binaan juga mengikuti kegiatan yang telah diprogramkan, dikemas dalam program pembinaan rutin mulai dari pembinaan kepribadian hingga pembinaan kemandirian.


Untuk pembinaan kepribadian, rutan menggandeng Kementerian Agama dan Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman. Pembinaan  dilaksanakan secara rutin dengan jadwal yang sudah terprogram dengan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum pesantren.


Tak hanya itu, bekal yang tak kalah penting dari agama yaitu keterampilan. Warga Rutan mendapatkan pembinaan kemandirian berupa latihan keterampilan kerja. 


Pelatihan keterampilan yang diberikan di antaranya pembuatan handycraft, budidaya perikanan dan batik tulis.


“Pembinaan kemandirian yang bertujuan untuk membekali warga binaan dengan keterampilan dasar sehingga dapat diaplikasikan di tengah masyarakat nantinya, kata Karutan Auliya Zulfahmi.


Fahmi mengibgatkan kan warga inaan agar bisa mengikuti seluruh kegiatan yang telah diprogramkan.


Fahmi  berharapkl dukungan dari pemerintah kota melalui dinas terkait agar kegiatan pembinaan di Rutan Padang Panjang dapat berjalan dengan baik. (syam)