SPNF-SKB Wilayah II Padang Kembali Adakan Pelatihan Kecapan Usaha, Ini Targetnya ke Depan -->

Iklan Atas

SPNF-SKB Wilayah II Padang Kembali Adakan Pelatihan Kecapan Usaha, Ini Targetnya ke Depan

Jumat, 13 Oktober 2023

ilustrasi

 

Padang, fajarsumbar.com - Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF-SKB) Wilayah II, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) kembali mengadakan Pelatihan Kecakapan Wirausaha (PKW). Peserta mereka yang kurang mampu dengan tujuan untuk mengangkat ekonomi keluarga nantinya.


Kegiatan pelatihan PKW Jasa Usaha Makanan yang dimulai tgl 04 September sampai dengan 11 Oktober 2023, dana kegiatan berasal dari Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi, ujar Fauzia kepala Sanggar Kegiatan Belajar Padang Timur.


Adapun materi yang dipelajari,  mulai dari Pendidikan Karakter kewirausahaan, pendidikan Keterampilan: Snack Box/ kotak, Nasi Kotak, Pemasaran dan Akses Permodalan, Pengelolaan Hasil Usaha, keselamatan dan kesehatan  kerja ( K3).


Sementara ilmu yang didapatkan oleh SKB dan disalurkan kepada para anggota pelatihan melalui Instruktur dari Royal Asia Bakery, Minarko, Hikecy Kerupuk Singkong, Kripik Balado Salsabila , Pabrik Block.


Sementara itu Asri Pelaminan dan Catering,  dipraktekkan di rumah atau tempat usaha, adapun instruktur wanti-wanti berpesan kepada para anggota pelatihan jangan sampai ilmu yang didapat dibawa tidur dan harus rajin menambah ilmu baik melalui Yuotube, dari buku dll.

 

Semua peserta diberikan Peralatan dan bahan untuk usaha. Setelah selesai mengikuti Program Pendidikan Kecakapan Wirausha (PKW) Peserta langsung membuka usaha di tempat usaha masing2.


Kami dari SPNF SKB Wilayah 2 yaitu Pamong Belajar dan Staf Tata Usaha akan memantau, mendampingi para peserta didik selama 12 bulan.


Ruang Lingkup Pembinaa 1. Ketepatan memilih usaha dan tempat usaha, 2.Standar Produk/ jasa yg dihasilkan, 3. Kemampuan mendisain produk dan kemasan, 4.Kemampuan melakukan pemasaran, 5.Pengelolaan Hasil Usaha, 6. Diversifikasi Usaha, 7. Pemasaran Produk/ jasa.


Dalam pemasaran nantinya yang perlu diperhatikan adalah,  yang pertama rasa harus dipertahankan selalu kedua penampilan : baik hasil Produk, maupun penampilan Kita sbg Pengusaha yang ketiga pelayanan kepada Konsumen harus ditingkatkan kita tidak boleh membeda2 kan orang, sopan santun, tidak boleh sombong, iri

dalam berusaha,  yang ke empat Ulet dan yang kelima adalah berdo'a. ujar Fauzia kepada para peserta pelatihan.


Demikianlah pelatihan PKW ini dikemas dalam satu paket dan dengan mengucapkan Alhamdulillah kegiatan Pelatihan PKW ini ditutup secara simbolis oleh Fauzia dengan membacakan Alhamdulillah. (andy)