Polres Solok Selatan dan Bayangkari Cek Kesiapan TPS Paling Ujung LUAS dengan Perahu Tempel -->

Iklan Atas

Polres Solok Selatan dan Bayangkari Cek Kesiapan TPS Paling Ujung LUAS dengan Perahu Tempel

Wandi
Selasa, 06 Februari 2024
Kapolres Solok Selatan bersama ketua Bayangkari, menaiki perhu tempek, menuju. Lubuk Ulang Aling Selatan. (Abg


Solsel, fajarsumbar.com - Kapolres Solok Selatan, (Sumbar) AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara Didampingi Ketua Bhayangkari Solok Selatan Ny. Desti Arief Mukti, Para Kabag dan kasat dilingkungan Polres Solok Selatan, mengunjungi Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan (LUAS), Kecamatan Sangir Batang Hari. 

Kapolres bersama rombongan menggunakan perahu tempel menyusuri sungai Batang Hari melakukan pengecekan persiapan pelaksanaan pemilu di lokasi TPS terjauh dan Sangat rawan di Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan. Selasa (6/2/2024).

Perjalanan menuju LUAS dengan perahu tempel memakan waktu satu setengaj jam perjakan air, rombongan sampai ditujuan turun dari perahu disambut oleh tokoh masyarakat LUAS, Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara bersama rombongan langsung menuju lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Talantam dan tempat penyimpanan surat suara sebelum digunakan setelah didistribusikan PPK ke jorong tersebut.

Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara berpesan kepada anggota KPPS agar dapat bekerja sungguh sungguh karena melalui pemilu ini masa depan bangsa ditentukan.

"Semua yang bertugas ditempat penyimpanan surat suara agar tidak lengah, kalau perlu semua kebutuhan termasuk obat-obatan disediakan disini, sehingga tidak ada alasan untuk meninggalkan tempat penyimpanan surat suara ini" tegas Kapolres 

Dia melanjutkan setelah melakukan pengecekan langsung lokasi yang akan digunakan sebagai TPS maupun tempat penyimpanan sementara surat suara cukup memadai.

"Kita berharap pada saat pendistribusian surat suara nantinya cuaca cukup baik, sehingga debit air tidak naik, karena dari dermaga tadi ke daerah ini butuh waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan perahu tempel", katanya

Dia menyebutkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait pendistribusian surat suara, serta keamanan surat suara pada saat pendistribusian.

"Kita sampaikan karena ini wilayah perairan, harus diperhatikan betul agar surat suara yang akan digunakan tidak basah dan cacat sehingga harus benar-benar terjaga dan terlindungi dari air", katanya

Dia menambahkan sehubungan TPS di daerah ini adalah TPS terjauh dengan akses yang sulit sehingga di kategorikan sangat rawan, untuk pengamanan TPS pun berbeda dengan di pusat kecamatan.

"Untuk di wilayah ini pengamanannya kita berikan perlakuan khusus mulai dari pendistribusian surat suara dan pengamanan TPS pada saat pencoblosan kita tugaskan dua orang personil setiap TPS", katanya.

Rika rahim koordinator divisi (Kordiv) data bersama Yudi Marta Dendri Kordiv Teknis PPK Sangir Batang hari menyebutkan di wilayah tersebut terdapat tiga Nagari denga jumlah TPS 18 buah.

Rinciannya Lubuk Ulang Aling Selatan 956 orang dengan Tujuh TPS, Lubuk ulang aling tengah 934 orang lima TPS dan lubuk ulang aling induk 1639 orang dengan enam TPS, sedangkan  untuk pendistribusian surat suara direncanakan pada h-1.

"Kita berharap cuaca cukup bagus sehingga pendistribusian surat suara ini tidak mengalami hambatan, kita gunakan tiga perahu tempel untuk pendistribusian surat suara nantinya", katanya. (Abg)