Aston Martin Luncurkan Motor Sport Terbatas: AMB 001, Karya Kolaborasi Eksklusif! -->

Iklan Atas

Aston Martin Luncurkan Motor Sport Terbatas: AMB 001, Karya Kolaborasi Eksklusif!

Rabu, 13 Maret 2024

Motor sport langka Aston Martin dilelang Rp3,9 miliar. (rideapart)

Jakarta - Aston Martin, yang telah memukau dunia dengan mobil sport berkualitas tinggi, kini melangkah lebih jauh dengan merilis motor sport eksklusif bernama AMB 001. Dengan produksi terbatas hanya 100 unit di seluruh dunia, motor ini merupakan hasil kolaborasi antara Aston Martin dan Brough Superior.


AMB 001 tak hanya mencuri perhatian dengan desainnya yang futuristik mirip dari film fiksi ilmiah, tetapi juga menawarkan kinerja luar biasa dengan mesin sungguhan. Untuk memberikan sentuhan lebih, Aston dan Brough merilis varian terbatas AMB 001 Pro, sebuah superbike khusus untuk lintasan dengan performa buas, diproduksi terbatas hanya 88 unit.


Menurut laporan dari Rideapart pada Selasa (12/3/2024), AMB 001 Pro dengan spesifikasi pabrik standar telah didaftarkan untuk dilelang di Iconic Auctioneers. Pelelangan untuk motor sport super langka ini dijadwalkan pada 7 April 2024.


AMB 001 Pro, yang dilapisi bodywork elegan berwarna Verdant Jade dengan garis kuning yang serasi, menjadi karya seni yang menakjubkan. Bahkan, motor ini diprediksi akan mencapai harga luar biasa mencapai 200 ribu poundsterling (sekitar Rp3,9 miliar) dalam pelelangan.


Setiap unit AMB 001 diproduksi secara manual di fasilitas manufaktur Brough Superior di Toulouse, Prancis. Proses produksi untuk satu unit memakan waktu hingga dua tahun, mengingat standar ketat yang diterapkan pada setiap motor.


Superbike khusus trek ini dibangun dengan rangka aluminium CNC yang ringan, dilapisi dengan bodywork serat karbon penuh, memberikan struktur AMB 001 Pro keunggulan dalam ringan untuk mendukung mesin bertenaga buas.


Dari segi performa, motor ini dilengkapi mesin V-twin 997cc dengan turbocharger Garrett yang menghasilkan tenaga sebesar 225 hp. Tenaga ini ditransmisikan ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan dengan sistem kopling APTC hidrolik dan penggerak rantai.


Model yang akan dilelang merupakan unit ke-8 dari total 88 yang pernah diproduksi. Elemen serat karbon matte dengan aksen Photon Lime memberikan sentuhan kontras yang terinspirasi dari mobil Formula 1 Aston Martin.


AMB 001 Pro ini semakin istimewa karena menjadi unit pertama yang diimpor ke Inggris. Meskipun memiliki jarak tempuh nol mil, penjual menyatakan bahwa mesin telah dihidupkan dan berada dalam kondisi baik.(des)