Kontroversi Doan Van Hau, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Diremehkan -->

Iklan Atas

Kontroversi Doan Van Hau, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Diremehkan

Kamis, 21 Maret 2024

 

Bek Timnas Vietnam, Doan Van Hau


Jakarta - Bek Timnas Vietnam, Doan Van Hau, mengeluarkan pernyataan kontroversial yang meremehkan pemain naturalisasi Timnas Indonesia. Menurutnya, kualitas pemain naturalisasi Timnas Indonesia hanya selevel dengan pemain dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.


Doan Van Hau juga menyampaikan pandangannya bahwa jika pemain seperti Ivar Jenner dan yang lainnya benar-benar memiliki kualitas yang tinggi, mereka seharusnya memilih untuk memperkuat Timnas Belanda atau tim-tim kuat lainnya di dunia, bukan memilih Timnas Indonesia.


"Ibaratnya, pemain naturalisasi Timnas Indonesia hanya sekelas dengan pemain dari Asia Tenggara. Kami di Timnas Vietnam hanya perlu keluar dan berjuang keras di lapangan," ungkap Doan Van Hau, yang tidak dapat tampil untuk Timnas Vietnam dalam Piala Asia 2023 dan dua pertandingan melawan Timnas Indonesia bulan ini karena cedera.


Pernyataan Doan Van Hau dipastikan akan memancing emosi para penggemar sepakbola Tanah Air. Hal ini dikarenakan, Doan Van Hau, yang sebelumnya bermain untuk SC Heerenveen, sering kali menjadi musuh utama para penggemar sepakbola Indonesia setiap kali Timnas Indonesia bertanding melawan Timnas Vietnam.


Perlu diingat bahwa Doan Van Hau, dengan tinggi badan 188 sentimeter, pernah menjadi penyebab cedera bagi Evan Dimas dalam final SEA Games 2019 antara Timnas Indonesia U-22 dan Timnas Vietnam U-22.


Cedera yang dialami Evan Dimas pada awal pertandingan membuatnya tidak dapat melanjutkan pertandingan. Padahal, peran Evan Dimas saat itu sangat vital di lini tengah Timnas Indonesia U-22, karena dia merupakan salah satu dari dua pemain senior dalam tim tersebut.


Akibat cedera tersebut, Timnas Indonesia U-22, yang diasuh oleh Indra Sjafri, menjadi bulan-bulanan Timnas Vietnam U-22 di bawah arahan Park Hang-seo, sehingga akhirnya kalah dengan skor 0-3. Doan Van Hau juga telah menjadi momok bagi Timnas Indonesia.


Dalam empat pertandingan melawan Timnas Indonesia di level senior, Doan Van Hau belum pernah mengalami kekalahan. Dari empat pertandingan tersebut, ia berhasil membantu Timnas Vietnam meraih tiga kemenangan dan satu kali imbang melawan Timnas Indonesia.(des)