Potensi Pemeriksaan Sandra Dewi Terkait Kasus Korupsi Izin Pertambangan -->

Iklan Atas

Potensi Pemeriksaan Sandra Dewi Terkait Kasus Korupsi Izin Pertambangan

Kamis, 04 April 2024

Artis Sandra Dewi berpeluang diperiksa Kejagung terkait kasus dugaan korupsi timah.



Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan potensi pemeriksaan terhadap artis Sandra Dewi terkait kasus dugaan korupsi izin usaha pertambangan PT Timah Tbk.


Peluang klarifikasi Sandra Dewi sebagai bagian dari pemeriksaan suaminya, Hervey Moeis, yang merupakan tersangka dalam kasus tersebut, tidak dikecualikan. "Tidak menutup kemungkinan juga akan dipanggil dan diklarifikasi," ujar Ketut Sumedana, Kapuspenkum Kejagung RI, di Kejagung, Rabu (3/4/2024).


Namun, Ketut menegaskan bahwa pemanggilan Sandra Dewi bergantung pada keberadaan alat bukti yang sah. Jika terdapat bukti hukum yang kuat, penyidik akan melakukan pemanggilan tersebut. "Semua tidak ada yang tidak mungkin, sepanjang ada fakta hukumnya dan alat bukti yang mengarah kesana, pasti kita akan periksa," tegasnya.


Sebelumnya, Kejagung telah menyita mobil mewah Mini Cooper dan Rolls-Royce yang dimiliki oleh Harvey Moeis. Selain itu, penyidik juga menyita sejumlah dokumen selama penggeledahan di kediaman suami Sandra Dewi tersebut.


Dalam penanganan kasus ini, Kejagung bersama ahli lingkungan telah menghitung kerugian ekologis yang timbul akibat aktivitas pertambangan timah terkait. Hasilnya, kerugian lingkungan akibat kerusakan mencapai Rp271 triliun.(des)