Pendekar Kretek, Kisah Sukses Djarum Group Menggenggam Klub Sepak Bola Italia -->

Iklan Atas

Pendekar Kretek, Kisah Sukses Djarum Group Menggenggam Klub Sepak Bola Italia

Senin, 13 Mei 2024

Como Lolos ke Serie A Liga Italia.


Jakarta - Pemilik Grup Djarum, yang merupakan salah satu konglomerat terkemuka di Indonesia, kini memiliki klub sepak bola Eropa yang sedang mencuat namanya.


Sumber kekayaan mereka tidak hanya berasal dari produksi rokok kretek yang sudah terkenal di Indonesia. Mereka juga memiliki beberapa saham dan investasi lainnya. Salah satu investasi yang mereka miliki adalah kepemilikan klub sepak bola di Eropa.


Kekayaan dua orang terkaya di Indonesia terus menjadi sorotan. Menurut laporan dari situs Forbes, Robert Budi Hartono memiliki kekayaan sebesar USD23,8 miliar atau sekitar Rp381,9 triliun, sementara Michael Hartono memiliki kekayaan sebesar USD22,8 miliar atau sekitar Rp365,8 triliun.


Seperti yang diketahui, Michael dan Robert Budi Hartono mengakuisisi Como 1907, sebuah klub sepak bola di Italia. Melalui PT Djarum, orang-orang terkaya di Indonesia tersebut memiliki saham dalam Como sejak tahun 2019.


Tim Sepak Bola Como 1907 berhasil meraih promosi ke liga teratas Italia, Serie A. Posisi Como saat ini adalah di peringkat kedua dalam liga Serie B, di bawah Parma.


Como terus menunjukkan performa positif sepanjang musim Serie B. Akhirnya, Como berhasil memastikan promosi mereka ke Liga Italia musim 2024-2025.


Mereka finis di peringkat kedua dalam klasemen akhir musim ini dengan mengumpulkan 73 poin.


"Como telah berhasil mendapatkan promosi ke Serie A. Mereka telah memastikan promosi secara otomatis dan akan kembali ke Serie A untuk pertama kalinya sejak musim 2002/2003," tulis cuitan IFTV di Twitter.


"Proyek Como sangat menarik. Mereka memiliki salah satu grup pemilik terkaya dalam sepak bola Italia (Djarum Group dari Indonesia), bersama dengan Thierry Henry dan Cesc Fabregas yang juga memiliki saham," tambahnya.(BY)