Dandim 0307/TD : 5 Jembatan Bailey Sudah Terpasang dan Bisa Dilalui -->

Iklan Atas

Dandim 0307/TD : 5 Jembatan Bailey Sudah Terpasang dan Bisa Dilalui

Rabu, 05 Juni 2024

Dandim 0307/TD bersama Bupati meninjau Jembatan Bailey yang sudah selesai terpasang dan sudah bisa dipakai


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Sebanyak 5 Jembatan Bailey sudah terpasang dan sudah bisa dilalui, setelah beberapa waktu lalu jembatan tersebut terputus akibat banjir lahar dingin dan banjir bandang (galodo). Hal itu diutarakan Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Agus Priyo Pujo Sumedi, Rabu (5/6/2024).


"Dari 7 Jembatan Bailey yang dikerjakan TNI Angkatan Darat, 5 diantaranya sudah terpasang dan sudah bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. Jembatan tersebut dapat dilalui kendaraan roda dua hingga roda enam dengan beban maksimal 10-40 ton sesuai ruas jembatan," kata Dandim 0307/TD.


Dandim menjelaskan, 5 jembatan tersebut adalah Jembatan Rona Taluak di Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan, Jembatan Tigo Niniak di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum, Jembatan Silaki 1 di Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum, serta Jembatan Tanjung Pintu Rangkuangan dan Jembatan Bawah Kubang di Nagari Koto Laweh Kecamatan X Koto.


"Untuk dua titik lainnya yang masih dalam tahap pengerjaan, yaitu Jembatan Katiagan dan Jembatan Taweh di Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto, saat ini tim bersama warga sedang melaksanakan penyiapan pondasi Jembatan Bailey dan melansir material Bailey ke lokasi," pungkas Dandim Agus Priyo Pujo.


Sementara itu, Kabid Bina Marga Refdizalis mengatakan, selain 5 Jembatan Bailey yang dikerjakan oleh TNI AD, satu jembatan darurat di Panti Rambatan juga telah dipasang.


"Jembatan di Panti Rambatan merupakan ruas jalan menuju Ombilin yang putus akibat banjir bandang, dan sekarang sudah terpasang satu jembatan darurat jenis acrows, jembatan ini sudah bisa dilewati sejak Senin (3/6/2024) lalu. Jembatan ini merupakan bantuan dari PU Provinsi," terangnya. (F12)