Sijunjung Siap Hadapi Pemungutan Suara Ulang DPD Sumbar -->

Iklan Atas

Sijunjung Siap Hadapi Pemungutan Suara Ulang DPD Sumbar

Selasa, 25 Juni 2024
.


Sijunjung – Komisi Pemilihan Umum/KPU Kabupaten Sijunjung terus memaksimalkan persiapan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI Sumatera Barat yang akan digelar pada Sabtu 13 Juli mendatang.


Untuk persiapan itu, KPU Sijunjung menggelar rapat koordinasi dengan Forkopimda, OPD, Camat dan seluruh unsur terkait untuk suksesnya pemungutan suara ulang di Kabupaten Sijunjung.


Ketua KPU Sijunjung, Dori Kurniadi didampingi komisioner lainnya, Juni Wandri, Bayu Agung Perdana, Ria Meilani dan Suslia Andica menjelaskan bahwa secara teknis pelaksanaan PSU tak jauh berbeda dengan Pemilu kemarin.


“Mekanisme pelaksanaan PSU nantinya hampir sama dengan Pemilu kemarin, hanya saja cuma satu surat suara saja yang akan dicoblos di TPS. Begitu juga dengan jumlah TPS dan DPT, sama dengan Pemilu kemarin,” tuturnya.


Rapat Kordinasi tersebut juga dihadiri Sekda Sijunjung Dr.Zefnihan mewakili Bupati Sijunjung. Kapolres, Dandim, Kejari, Bawaslu dan pihak terkait lainnya. Bertempat di Hotel Bukik Gadang, Muaro Sijunjung, Selasa 25 Juni 2024.


“Jumlah TPS masih sama dengan Pemilu kemarin yaitu 762 TPS. Lokasi TPS pun masih sama. Sedangkan untuk PPK, PPS sudah dilantik. Selanjutnya kita juga akan melakukan perekrutan KPPS,” terang KPU Sijunjung.


Pihaknya meminta dukungan dari seluruh unsur di tengah masyarakat agar pelaksanaan PSU bisa berjalan lancar dan sukses di Sijunjung.


“Kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas support sistem dari Pemda dan stakeholder terkait hingga Pemilu pada Februari kemarin di Sijunjung sukses dan aman,” ungkapnya.


Sementara itu, Sekda Dr.Zefnihan menekankan antisipasi rendahnya partisipasi pemilih pada PSU nanti. “Ini perlu jadi perhatian bersama agar partisipasi pemilih bisa dipertahankan. Kami mohon unsur Forkopimcam untuk intens berkordinasi dengan PPK untuk sukseskan PSU,” terangnya.


Pemkab Sijunjung berkomitmen akan mendukung semaksimal mungkin agar PSU berjalan lancar. “Kami di Pemda akan memfasilitasi dan mendukung semaksimal mungkin, terkait apa yang menjadi kendala nantinya KPU bisa berkordinasi dengan OPD terkait atau dengan kami langsung,” sebut Sekda Sijunjung.


Selain itu, KPU juga meminta kepada Polres dan Kodim 0310/SS untuk dukungan keamanan dan ketertiban melalui personel TNI-Polri di seluruh tahapan PSU mendatang.(*)