Timnas Indonesia Tantang Raksasa Asia, Jepang dan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Timnas Indonesia Tantang Raksasa Asia, Jepang dan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis, 27 Juni 2024

Timnas Indonesia sudah mengetahui lawan mereka di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.


Fajarsumbar.id - Sebanyak 5 negara lawan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan diulas. Dalam undian yang baru saja dilangsungkan di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (27/6/2024) siang WIB, Timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama empat negara lain.


Nantinya, dua tim teratas di Grup C akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2026. Sementara itu, tim peringkat ketiga dan keempat akan lolos ke babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Berikut adalah lawan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:


China

Saat ini, China tidak bisa dianggap sebagai tim kuat. Tim Negeri Tirai Bambu terhenti di fase grup Piala Asia 2023. Di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, tim asuhan Branko Ivankovic juga gagal mengalahkan Thailand di kandang sendiri. Jika Timnas Indonesia ingin lolos minimal ke babak keempat, skuad Garuda harus menang kandang dan tandang melawan China.


Bahrain

Bahrain pernah mengalahkan Timnas Indonesia 10-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia. Namun, Bahrain adalah salah satu dari tiga negara yang pernah dikalahkan Timnas Indonesia di Piala Asia. Hampir semua pemain Timnas Bahrain bermain di kompetisi lokal, sementara mayoritas pemain Timnas Indonesia berkarier di luar negeri, khususnya Eropa.


Arab Saudi

Arab Saudi mencoba bangkit di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah tersingkir di 16 besar Piala Asia 2023 dan hanya finis sebagai runner-up di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di bawah asuhan Roberto Mancini, Arab Saudi berpotensi menjadi kekuatan besar di Grup C, mengingat mereka berpengalaman finis sebagai juara grup di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.


Australia

Australia adalah kekuatan utama sepak bola Asia. Sejak bergabung dengan konfederasi Asia pada 2005, Australia tidak pernah absen di ajang Piala Dunia. Skuad asuhan Graham Arnold berpotensi lolos ke Piala Dunia 2026, bahkan jika tidak lolos dari babak ketiga, mereka masih memiliki peluang melalui babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.


Jepang

Terakhir, Jepang merupakan tim terkuat di Asia saat ini. Tim Samurai Biru dijagokan finis sebagai juara Grup C di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Namun, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pernah merasakan kemenangan besar atas Jepang dengan skor 4-1 di ajang EAFF Cup 2017 (Piala AFF-nya Asia Timur) saat masih melatih Timnas Korea Selatan. Kenangan tersebut dapat meningkatkan motivasi Shin Tae-yong saat bertemu kembali dengan Timnas Jepang.(BY)